Kenalkan, Lola Zieta, cosplayer Indonesia asal Yogyakarta yang namanya semakin naik daun belakangan ini (Foto oleh Satria Perdana)

Costume Play atau akrab dikenal cosplay, merupakan hobi menggunakan kostum dan aksesoris yang terinspirasi atau menirukan karakter anime, manga, komik, film layar lebar, film serial, bahkan karakter legenda. Di Indonesia, cosplay umum ditemukan di berbagai event pop culture, baik skala kecil maupun besar.

Indonesia sendiri memiliki banyak cosplayer berbakat, salah satunya Lola Zieta. Perempuan manis ini berasal dari Yogyakarta dan kini statusnya masih seorang mahasiswi. Baru-baru ini dia baru saja kembali dari Jepang setelah mewakili Indonesia dalam sebuah program di Tokyo Game Show akhir September lalu.

Nama Lola sendiri sudah mulai beredar sejak 2015 lalu di media sosial. Namun, baru tahun ini nama dan sosoknya benar-benar dinantikan, salah satunya dalam festival pop culture terbesar di Indonesia pada Sabtu (1/10) dan Minggu (2/10) kemarin, Indonesia Comic Con 2016. And yes, Lola adalah cosplayer paling dicari-cari untuk diajak foto bareng atau menjadi foto subjek!

Luckily we met her dan tentu saja kami ajak ngobrol santai tentang perempuan kelahiran 17 Maret 1995 ini.

Hai Lola, apa kabar? Gimana nih menurut kamu Indonesia Comic Con tahun ini?

Halo, baik. Menurutku ya lebih besar ya dari tahun lalu.

Di sini kan ada Stella Chuu, cosplayer internasional yang oke banget. Menurut kamu dia cosplayer yang seperti apa?

Jujur aja sih, aku baru tahu juga si Stella Chuu baru-baru ini. Nggak begitu mengikuti ya. Tapi aku tahu dia pengalamannya banyak banget. Makanya bisa seperti sekarang.

Apa yang bisa seorang Lola Zieta ambil dari Stella Chuu?

Pengalamannya, khususnya dalam craftmanship ya. Bikin kostumnya itu dan segala hal tentang dia yang berhubungan sama cosplay. Ya, kalau sudah berstatus cosplayer internasional berarti pengalamannya pasti banyak. Jadi banyak juga yang bisa dipelajari dari dia.

Kamu bisa dibilang cosplayer lokal yang lagi naik daun nih. Apa sih kesulitan kamu sejauh ini?

Kalau bikin kostumnya semua orang pasti ribet ya. Tapi aku enjoy aja. Cuma kalau kesulitan yang paling sering aku temuin ya lebih seperti bagaimana mendalami karakter itu sendiri.

Kamu sendiri lebih suka memerankan karakter dari game atau anime, atau manga atau komik?

Hmmm… Aku lebih suka memerankan karakter dari game fighting sih…

BACA JUGA:

Lola Zieta menjadi perwakilan Indonesia dalam sebuah acara di Tokyo Game Show, Jepang akhir September kemarin (Foto oleh Satria Perdana)

Sebenarnya kamu tertarik bawa unsur lokal atau kedaerahan nggak sih dalam cosplay kamu? Karena kan belum lama ini kamu tampil di Jepang tuh…

Sebenernya pilihan memerankan karakter itu, balik lagi ke karakter cosplayer itu sendiri. Sekarang sih, aku lebih mempertimbangkan dulu untuk membawakan unsur daerah di Indonesia. Aku kemarin dapat dukungan dari Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Daerah, dari Palembang setelah ada kompetisi cosplay dengan unsur daerah aku terpilih sebagai yang terbaik.

Baru kali ini sebenarnya ada unsur kedaerahan dalam cosplayku. Dan ternyata memang sebenarnya kita bisa saja memasukkan unsur daerah dalam cosplay kita. Ini aku pakai Songket dari Palembang dan aku bawa ke Jepang lho. Dan mewakili Indonesia itu dengan membawakan unsur kedaerahannya, rasanya itu bangga banget.

LIHAT JUGA: Photo Gallery – Indonesia Comic Con 2016

Seperti apa sih partisipasi kamu di Jepang, di Tokyo Games Show tepatnya?

Jadi tuh, Tokyo Game Show kan event besar dari berbagai developer game. Di sana sebenernya aku dan cosplayer-cosplayer dari Singapura, China, Korea, Turki, Spanyol, dan Jepang berkumpul di sana turut memeriahkan ya. Seneng banget di sana karena kita satu minat dan satu hobi. Di sana kita tampil saja sebenarnya.

Yang paling menarik dari gelaran itu?

Serunya itu meskipun aku bertemu cosplayer dari berbagai negara dan beda bahasa, kita jadi tetep bisa nyambung. Apalagi ya karena satu minat dan satu hobi itu, jadi cosplayer. Apalagi kemarin itu pertama kalinya aku cosplay di luar negeri, membawakan nama Indonesia dan aku bangga banget.

Punya harapan untuk para cosplayer lokal agar bisa menoreh prestasi seperti kamu?

Harapannya di Indonesia, aku pengen para cosplayer dalam bercosplay jangan lupa bangga sama apa yang udah dibuat. Dan jangan lupa juga untuk have fun dengan cosplaynya.

Category : Arts, Latest Arts, Cosplay, Cosplayer, Lola Zieta
  • luciel

    sexy bro

Who is Apparat?

Semua Yang Perlu Diketahui Tentang Djakarta Warehouse Project 2017

Homeshake Akan Menyambangi Jakarta Pada Januari 2018!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon