Mesty Ariotedjo. Foto: NN

Berkat proses sinaunya dengan Kiai Sholeh Darat dan aktivitas surat menyuratnya dengan Nyonya Abendanon, Kartini menjadi salah satu nama perempuan dari masa lampau yang hingga hari ini diperingati. Apalagi kalau bukan kegigihannya memperjuangkan strata wanita Jawa dihadapan pria Jawa kala itu.

Sehingga setiap tanggal 21 April, masyarakat Indonesia tidak saja merayakan Hari Kartini melainkan juga merayakan sebuah perjuangan kaum perempuan.

Bicara soal perjuangan, HangOut memiliki sederet nama wanita pejuang era kini, yang hidup di jalurnya masing-masing. Siapakah mereka ?

01. Griselda Sastrawinata


Griselda ini merupakan animator yang karyanya terpampang menjadi sebuah film animasi keren berjudul The Sherk. Dia bekerja untuk Dreamworks di Amerika Serikat sana.

02. Rini Sugianto


Masih animator juga. Kalau Rini ini bekerja untuk beberapa film box office di negeri Paman Sam. Sebut saja “Hobbit 2: The Desolation of Smaug”, The Advantures of Tintin”, “The Avengers”, “Iron Man 3”, “Hunger Games: Catching Fire”, “Hobbit 1”, dan “the Dawn of the Planet of the Apes” adalah beberapa judul film yang menggunakan keahliannya membuat animasi.

03. Marsha Chikita


Gadis berhijab, anak pasutri Ikang Fawzi dan Marissa Haque ini juga merupakan animator yang turut membidani keindahan scene di serial kartun Upin Ipin. Bakatnya mengantarkan Marsha bekerja di Las Copaque Production di Malaysia.

04. Lilyana Natsir


Wah kalau satu ini jagonya bulu tangkis nih. Lilyana bersama partnetnya Tontowi Ahmad pernah memenangkan kompetisi All England secara berturut-turut di tahun 2012, 2013, 2014.

05. Maria Tri Sulistyani


Ria Papermoon begitu ia akrab di sapa, adalah tokoh vital dalam menciptakan teater boneka Papermoon Puppet Theatre yang didirikannya sejak 2006 silam. Dari kegigihannya, Ria telah melakukan pertunjukan ke sejumlah negara, seperti Malaysia, Singapura, India, Vietnam, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

06. Dian Pelangi


Bicara fashion tidak lengkap tanpa nama Dian Pelangi. Berkat keterampilannya dalam dunia mode, Dian masuk dalam daftar 500 tokoh Fashion Paling Berpengaruh di Dunia versia majalah Business of Fashion.

Style yang khas dengan gaya berbusana tertutup atau modest wear tidak terlihat kuno, alih-alih apik. Beberapa event fashion week di sejumlah kota dunia seperti London dan New York pernah ia lakoni.

07. Mesty Ariotedjo
Terakhir ada Mesty Ariotedjo seorang dokter yang merangkap model dan pemain harpa. Gadis muda kelahiran 1989 ini melakoni ketiga halnya secara maksimal. Dia merupakan jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, brand ambassador sebuah produk kecantikan, dan sekaligus pemain harpa yang mengkantongi Associated Board of The Royal Schools of Music.

Don’t Miss It! Afrojack Live at Sky Garden Bali, May 18th!

Dia.Lo.Gue Kembali Menggelar EXI(S)T 2017 Bertemakan “Tomorrow As We Know It”

Malam Ini, Jakarta City Philharmonic Akan Bawakan Karya Lima Komposer Rusia

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut