Shane Filan ex-Westlife saat ditemui di kantor Warner Music Indonesia (Foto oleh Satria Perdana)

Anda yang masa kecil atau remajanya mengenal Westlife pasti ingat dengan pentolannya Shane Filan. Ya, “motor” dari boyband asal Irlandia, United Kingdom yang besar pada medio 2000-an ini datang lagi ke Indonesia untuk tampil di Jakarta pada Kamis (29/9) dan di Medan pada Jum’at (30/9), setelah beberapa tahun lalu sempat datang lagi dalam tur solonya.

Ah iya, bagi yang belum tahu, Shane kini menjadi seorang solois setelah Westlife bubar pada 2012 lalu. Meski boyband pelantun Uptown Girl tersebut bubar, tapi mereka masih berhubungan baik dan Shane tetap melanjutkan karirnya di dunia musik.

Anyway, HangOut berkesempatan untuk bertemu dengan pemilik album You and Me (2013) dan Right Here (2015) ini di kantor Warner Music Indonesia pada Selasa (27/9) siang.

Saat memasuki ruangan tempatnya menunggu para tamu media, Shane menyambut kami dengan hangat and really, he’s so humble to us! Dia tidak sombong dan perangainya sangat ramah dengan kami. Bahkan dia duluan yang menyalami para tamu media yang datang.

Shane sendiri tidak malu dan terbuka soal kehidupan pribadinya dan keluarganya. Simak perbincangan santai kami di sini:

Hai, Shane, senang bertemu denganmu. Bagaimana kabarnya?

Senang juga bertemu Anda, kabarnya baik sekali hari ini. Senang rasanya ke Jakarta lagi.

Okay, mari kita mulai obrolannya. Setelah Westlife bubar, kenapa memutuskan untuk bersolo karir? Kenapa nggak bikin band baru aja, I mean a band with instrument.

Hmmm… Ya, saya sendiri udah berada di dunia musik cukup lama ya. Anda tahu kalau saya berada di sebuah band, yang besar dan meraup sukses besar juga dulu, namanya Westlife ya, hehehe… Kenapa saya nggak membuat sebuah band, karena memang saya maunya nyanyi aja. Berkarir solo dan bernyanyi lebih nyaman buat saya. Kenapa nggak bikin band, karena saya memang nggak main instrumen. I played a guitar actually, but just a little bit.

Oh, jadi Anda bermain gitar juga waktu live?

Nggak-nggak. Saya main gitar waktu di studio aja. Saya cuma bisa memainkannya sedikit karena saya lebih senang bernyanyi. Jadi saya lebih fokus untuk bernyanyi sebenarnya, tidak dengan instrumen. Ya, mungkin bermain gitar sedikit, tapi akan lebih banyak nyanyinya.

Apa bedanya Shane ketika di Westlife dan Shane Filan yang berkarir solo?

Apa bedanya? I think there’s no different, I’m still the same Shane you know, hahaha… Ya, memang nggak ada bedanya. Kalau dulu kan bersama band, bersama Westlife. Sekarang sendiri dan musiknya kalau Anda dengarkan lebih ceria sih dan musiknya juga berbeda dari ketika dulu masih di Westlife.

Ngomong-ngomong, Anda penggemar Michael Jackson kan?

Ya! Saya sangat menggemarinya dan dia menginspirasi saya untuk jadi penyanyi.

Sejauhh mana mendiang Michael Jackson memengaruhi Anda dalam karir musik Anda?

Michael Jackson, MJ, dia sudah menginspirasi saya untuk bernyanyi ketika masih kecil. Kalau nggak salah waktu itu usia saya masih 7 tahun. Saya menyanyikan lagu-lagunya, saya menari seperti gayanya, iya, betul, hahaha… Dan yang saya ingat, Ibu saya pernah membuatkan saya sarung tangan ala MJ yang sudah dijahit gitu dan saya memakainya untuk menari. Ya, MJ benar-benar memengaruhi saya dalam bernyanyi juga. Dia begitu menginspirasi.

Cerita sedikit, jadi dia itu memang punya kharisma yang luar biasa ya. Dan dia sangat ramah kepada siapa saja. Itu yang bisa saya ambil darinya. Saya selalu belajar bagaimana bisa menjadi seperti dia.

Wah, pernah ketemu nggak sih? Waktu masih di Westlife mungkin pernah satu panggung?

Sayangnya nggak pernah ketemu langsung. Pernah satu waktu mau manggung di festival besar di Berlin atau di mana gitu, saya lupa, MJ-nya batal manggung. Padahal itu kesempatan banget sih. Saya mengidolai MJ dan tentu akan jadi pengalaman yang nggak terlupakan ya buat saya.

Kalau anak-anak suka juga nggak sih sama MJ?

Mereka suka juga tuh. Bahkan mereka pernah dan sering minta saya untuk menari ala MJ. But aaahh… That’s enough for MJ, karena kalau sering-sering saya capek juga sih, hahaha… Tapi ya, MJ memang, he’s the real King of Pop, really!

Ngomong-ngomong, Westlife bakal reuni nggak sih?

Beberapa waktu terakhir sering sih saya menerima pertanyaan ini dan saya nggak tahu ke depannya akan seperti apa. Karena kami punya kesibukan masing-masing sekarang. Kalau saya sendiri sih akan terkejut kalau Westlife tiba-tiba reuni dan saya menantikannya.

I really hope so

Ya, ya… Nggak cuma Anda kok, saya pun menantikannya dan tentu akan terkejut andai itu terwujud…

Homeshake Akan Menyambangi Jakarta Pada Januari 2018!

Le Money: Ketika Para Seniman Mengesampingkan Uang Demi Idealisme

Pond dan Segala Magisnya Siap Menyihir Jakarta

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon