Lifestyle Gadget
Tak Perlu Listrik, Xiaomi Desain Smartphone Dengan Panel Surya

By Gilang Ramadhan

Published on: 2021/08/06 18:05

Inovasi paling baru ini datang dari Xiaomi yang di mana mereka mematenkan sebuah desain ponsel misterius. Desain ponsel itu sangat unik karena memiliki panel surya dibagian punggungnya, dan tentu saja. Ponsel ini pasti akan menggunakan cahaya matahari.

Hal itu terungkap dari paten yang didaftarkan Xiaomi. Ada sebanyak tujuh sketsa yang menampilkan rancangan smartphone bertenaga surya secara keseluruhan. Mulai dari tampak depan, samping hingga belakang.

Pada bagian depan menampilkan layarnya penuh dan tidak terlihat kamera depan pada smartphone tersebut. Ini juga tidak menunjukkan mekanisme kamera pop-up, notch, atau lubang punch. Sementara di bagian belakang menampilkan paten surya, dan terdapat kamera ganda yang diposisikan secara vertikal dengan LED flash di antara sensor. 

Panel surya tersebut diklaim akan mampu menyimpan energi yang cukup untuk memungkinkan baterai pada perangkat bisa mengisi sendiri saat diperlukan. Sayangnya belum terdapat informasi berapa besar daya yang bisa ditangkap dan disimpan panel surya tersebut. Tampaknya kita masih harus sabar menunggu untuk melihat apakah Xiaomi akan benar-benar menggarap smartphone ini, mengingat baru hanya berupa bocoran paten saja sekarang.

Di bagian belakang juga sudah tidak terlihat lagi adanya sensor sidik jari.
Artinya hape ini akan menggunakan in-display fingerprint yang saat ini sudah makin banyak diadaptasi oleh beragam merek hape.

Tentunya ide hape dengan tenaga surya ini bisa jadi terobosan yang sangat menarik. Jika mengingat pada tahun 2010 lalu LG sempat membuat desain hape serupa. Tetapi teknologinya masih kurang maksimal hanya mendapatkan 2 menit setelah melakukan pengisian daya selama 10 menit.

Karena secara logika kan panel surya akan menyerap energi panas dari matahari. Lalu, bagaimana cara Xiaomi menjaga suhu smartphone ini?

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

The Body Shop #MyRamadanStyle

Memberi selebrasi kemeriahan di bulan Ramadan 2019 ini, The Body Shop hadir dengan rangkaian istimew...

By: Vinny Vindiani

Baca selengkapnya

OPPO Reno 10x Zoom Edisi Barcelona Masuk Indonesia dan Dijua...

OPPO dan FC Barcelona Perbarui Kerja Sama, Luncurkan Reno FC Barcelona Limited Edition.

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Beberapa Negara Yang Ingin Gelar MotoGP, Indonesia Salah Sat...

Beberapa Negara Yang Ingin Gelar MotoGP, Indonesia Salah Satunya

By: ali adam malik

Baca selengkapnya
Loading…