Lifestyle Sports
Beberapa Negara Yang Ingin Gelar MotoGP, Indonesia Salah Satunya

By ali adam malik

Published on: 2021/10/14 14:12

 

Seiring naiknya level persaingan MotoGP, pamor kejuaraan balap motor terakbar di dunia tersebut kian merangkak naik. Berbagai negara pun berebut ingin masuk ke kalender balapnya dalam waktu dekat.

 

Negara-negara yang berebut untuk menjadi tuan rumah biasanya ingin membuat peningkatan dalam sektor pariwisata dan ekonomi negara. Jadi bukan tidak mungkin jika banyak negara yang ingin sekali ikut andil dalam pengelaran balapan motor terbesar di dunia.

 

Namun menurut CEO Dona Sports, Carmelo Ezpeleta telah menyatakan bahwa jumlah maksimal seri balap MotoGP pada 2022 nanti hanyalah 22 balapan.

 

Berikut ini adalah beberapa negara yang ingin mengelar MotoGp di negaranya.

 

Indonesia

 

 

Sudah rahasia umum bahwa Indonesia punya kelompok penggemar paling antusias di MotoGP, sampai-sampai negara kita dijadikan target utama bagi Dorna Sports untuk dikunjungi dalam waktu dekat. Usai proyek Sentul dan Jakabaring gagal, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengajukan proposal kepada Dorna soal Sirkuit Mandalika di Lombok, yang dijadwalkan masuk di MotoGP 2021.

 

Brasil

 

 

Brasil terakhir kali menggelar MotoGP pada 2004 lalu, yakni di Nelson Piquet International Autodrome atau yang lebih dikenal dengan Sirkuit Jacarepagua, yang kala itu dimenangi oleh Makoto Tamada di atas Camel Honda. Bukan rahasia lagi bahwa kawasan Amerika Selatan juga memiliki penggemar yang sangat antusias pada MotoGP, hingga Brasil ingin kembali menggelarnya di Rio Motorpark. Sirkuit yang benar-benar baru ini pun akan dibangun demi masuk ke kalender balap 2020.

 

Belgia

 

 

Belgia dikenal sebagai salah satu negara 'sakral' bagi F1 berkat Sirkuit Spa-Francorchamps. Atas alasan ini, trek yang dikenal dengan tikungan Eau Rouge-nya itu ingin kembali menggelar MotoGP untuk pertama kalinya sejak 1990. Meski begitu, trek ini dinilai para pebalap kelewat berbahaya untuk balap motor. Mereka tetap tak yakin meski pengelola sirkuit berjanji melakukan perombakan besar-besaran. Meninggalnya pebalap F2, Anthoine Hubert pada awal September lalu, semakin membuat kalangan MotoGP kian cemas soal tingkat keselamatan Spa-Francorchamps.

 

Finlandia

 

 

Finlandia merupakan salah satu negara yang cukup serius kembali menggelar MotoGP untuk pertama kali sejak 1982. Dulu menggelar balapan di Sirkuit Imatra, kini Finlandia menggelontorkan banyak dana demi membangun sirkuit baru, KymiRing, yang juga diproyeksikan untuk F1. Dijadwalkan menggelar MotoGP pada Juli 2020, sayangnya, trek ini malah mendapat opini-opini negatif dari para test rider yang menjalani uji coba pada pertengahan Agustus lalu. Treknya dianggap kelewat berliku dan sempit, dan kurang trek lurus panjang yang bisa mengeksploitasi tenaga motor.

 

Afrika Selatan

 

 

Afrika Selatan sudah tak lagi menggelar MotoGP sejak 2004, yang kala itu menjadi saksi kemenangan perdana Valentino Rossi bersama Yamaha. Balapan itu digelar di Phakisa Freeway atau Sirkuit Welkom, yang menggelar MotoGP Afrika Selatan sejak 1999. Dengan resminya juara dunia Moto3 2016, Brad Binder, naik ke MotoGP bersama Red Bull KTM Tech 3, Afrika Selatan pun ingin menyediakan seri kandang untuknya. Meski begitu, belum ditentukan sirkuit mana yang akan mereka pilih: Welkom atau Kyalami.

 

 

Source: Bolanet

 

 

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

PAUL FRANK SS19 STREETWEAR

Tampil dalam pendekatan street style, Paul Frank menghadirkan ragam jenis produk terbarunya dalam ko...

By: Vinny Vindiani

Baca selengkapnya

OPPO Resmi Luncurkan Seri F11 di Indonesia, Dari Selfie Expe...

Kecanggihan foto portrait, terobosan fotografi, dan pengalaman pengguna jadi fokus Seri F11.

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Honor 9i Harga dan Spesifikasi

Mengusung konsep “Beauty All Around”, ponsel pintar dengan harga terjangkau ini dilengkapi denga...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…