Tips Menghindari Bullying Saat Bermain TikTok

By Gilang Ramadhan

Published on: 2022/02/19 14:58

tiktok_1

Hasil riset polling Indonesia bersama Asosiasi Peyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengatakan ada sekitar 49 persen netizen yang pernah sasaran Cyber Bullying di media sosial. Angka ini diperoleh dari hasil survei yang dilakukan kepada pengguna internet di Indonesia selama periode Maret hingga April 2019 lalu.

"Jika dulu bullying dilakukan secara verbal atau fisik lebih banyak, kini semakin majunya internet membuat kasus cyber bullying. Bahkan, data di fitur Berbagi Cerita milik Komunitas Sudah Dong, ada 80 persen melaporkan terkena cyber bullying," ujar Aditya Yori Rambe, Perwakilan Komunitas Sudah Dong dalam acara TikTok, Selasa (11/02/20) di Jakarta.

Cyber Bullying sendiri, menurut Adiyat merupakan segala bentuk tindakan yang dapat menyakiti orang lain dengan sarana media elektronik. "Jadi bullying itu ada korban ada pelaku yang dilakukan secara berulang dan membuat korban tidak nyaman dari perkataan kita seperti mengomentari fisik," tambahnya.

Melihat banyaknya banyaknya kasus Cyber Bullying, platform TikTok bekerjasama dengan komunitas Sudah Dong meluncurkan panduan bertajuk "Sama Sama Aman, Sama Sama Nyaman".
"Panduan ini diciptakan agar pengguna mendapatan tips mengenai cara menghadapi cyber bullying secara umum, serta fitur-fitur keamanan di TikTok," ujar Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia.

TikTok-dikabarkan-jual-saham-EKRUT

Agar tetap aman dan nyaman bebas dari bullying, kalian dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini.

1. Manfaat fitur
Menurut Aditya, bisa memanfaatkan fitur keamanan seperti private akun, ganti kata password secara berkala, tentukan dengan siapa dapat berinteraksi, jadi dapat memilih siapa yang dapat mem-posting komentar, berduet dengan siapa, hingga mengirim pesan. Dan dapat menggantifkan filter komentar termasuk blokir beberapa pilihan kata yang diinginkan.

2. Lingkungan yang sehat
Carilah lingkungan pertemanan yang sehat, bila lingkungan sehat maka kita akan terbebas dari komentar yang negatif. Lingkungan yang sehat juga dapat membuat kita lebih mudah untuk speak up jika terkena bullying.

"Jika lingkungan sehat, maka kita akan nyaman dan aman bercerita kepada teman bila kita terkena bullying. Sebab jika kita tidak dapat cerita bisa membuat stres, hingga depresi," papar Aditya.

#Changemakers

Source: Fimela

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

205W39NYC, Brand New Style of Calvin Klein

Optik Seis menghadirkan koleksi kacamata Spring / Summer 2018 terbaru dari Calvin Klein, yaitu Calvi...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

adidas Originals by Pharrell Williams Now Is Her Time

adidas, Pharrell Williams dan Collier Schorr meluncurkan kampanye yang berani tentang hak asasi dan ...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

OPPO Reno 10x Zoom Edisi Barcelona Masuk Indonesia dan Dijua...

OPPO dan FC Barcelona Perbarui Kerja Sama, Luncurkan Reno FC Barcelona Limited Edition.

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…