Upaya Bersama untuk Industri Musik Lebih Adil dan Lestari

By Gilang Ramadhan

Published on: 2021/11/19 19:06


Konferensi Musik Indonesia (KAMI) kembali akan digelar di Gedung Budaya Sabilulungan, Bandung, Jawa Barat pada 23 November 2019 mendatang.

Tema yang diusung dalam acara yang kali kedua ini adalah Upaya Bersama untuk Industri Musik Lebih Adil dan Lestari. Penyanyi Glenn Fredly yang merupakan penggagas KAMI menjelaskan latar belakang kembali digelarnya konferensi ini.


Perkembangan musik itu enggak lepas juga dalam perkembangan global dan perlu mengatasi percampuran, persaingan dunia yang akhirnya mau tidak mau kalau kita masuk dalam persaingan tersebut, ya, pembinaan, pengolahan itu jadi hal yang sangat penting sekali," ujar Glenn Fredly di kawasan M Bloc, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).

Menurut Glenn Fredly, acara ini kembali digelar untuk menindaklanjuti Konferensi Musik Indonesia yang digelar tahun lalu.

"Kami berkomitmen untuk melakukan konferensi ini untuk bisa jadi bahan evaluasi. Bahkan melihat perkembangan musik nasional sendiri. Yang nantinya mudah-mudahan bisa jadi referensi bagi perkembangan musik industri mau pun juga yang non industri," ujar Glenn.

Penyanyi yang baru merilis album Romansa ke Masa Depan mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Yayasan Ruma Beta, Koalisi Seni, dan Dyandra Promosindo. Anggota Koalisi Seni, Nadia Yustina, menganggap selama ini musisi dari daerah kurang bisa dikembangkan karena industri musik terpusat di Jakarta.


"Adil itu masih belum, karena untuk industri musik Indonesia saat ini masih terpusat di Jakarta dan kita belum punya kantong-kantong industri musik di kota-kota lain yang berjalan dengan sehat dan umur panjang," kata Nadia.

Konferensi mendatang akan ada tiga sesi, yakni Pekerja Musik Berserikat, Panen Royalti dan Sosialisasi Undang Undang Ekonomi Kreatif, serta Membangun Kota Musik.

Nantinya para pegiat musik juga akan dipertemukan dengan pemerintah, pengusaha, dan penikmat musik.

Selain konferensi, beberapa musisi juga akan tampil dalam festival misalnya D'Cinnamons, JKS Project, dan Institut Musik Jalanan.

Konferensi Musik Indonesia pertama kali diadakan pada 7-9 Maret 2018 di Ambon, Maluku dengan fokus musik sebagai kekutan baru ekonomi.

Kegiatan itu menghasilkan 12 kesepakatan yang direncanakan untuk diwujudkan dalam aksi nyata.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Joko Anwar Ajak Penonton Nobar Perempuan Tanah Jahanam di Bi...

Joko Anwar kini tampaknya ingin mengajak para penonton untuk merasakan pengalaman berbeda menonton f...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Trailer Terbaru The Inviseble Man Hadirkan Ketakutan Yang Ti...

Trailer Terbaru The Inviseble Man Hadirkan Ketakutan Yang Tidak Terlupakan

By: ali adam malik

Baca selengkapnya

5 Film Horor Terbaik Hollywood Versi HangoutIndo

5 Film Horor Terbaik Hollywood Versi HangoutIndo

By: ali adam malik

Baca selengkapnya
Loading…