Tingkatkan Ekspor Ekraf, Indonesia Kenalkan ICINC di 3 Pameran Dagang terbesar Amerika

By Gilang Ramadhan

Published on: 2021/08/06 17:13

 

Bekraf, Jakarta - Indonesia, melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), memiliki komitmen untuk meningkatkan nilai ekspor produk ekonomi kreatif (ekraf) lokal menuju pasar global. Hal ini diwujudkan melalui Indonesia Creative Incorporated (ICINC), sebuah program akselerasi yang mempersiapkan perluasan pasar produk dan jasa kreatif ke luar negeri. Produk dan jasa kreatif yang siap dan lulus masuk ICINC adalah crème de la crème (best of the best) di subsektornya.

Selaras dengan tujuan ICINC, bulan Agustus ini Bekraf akan mengikuti 3 pameran dagang terbesar di Amerika Serikat (AS) secara simultan. Pertama, pameran dagang produk kriya New York (NY) Now 2019 yang akan berlangsung pada 10-14 Agustus 2019 di New York, AS. Beriringan dengan agenda tersebut, Bekraf juga mengikuti event kedua dan ketiga yaitu pameran produk fesyen internasional Agenda Show dan Liberty Fairs yang rencananya akan berlangsung pada 12-14 Agustus 2019 di Las Vegas, AS. Melalui 3 pameran ini, Bekraf akan menghadirkan sejumlah pelaku kreatif lokal beserta produk-produk unggulan mereka yang telah masuk ke dalam ICINC dalam subsektor kriya dan fesyen.

 

Fakta bahwa Bekraf kembali untuk mengikuti 2 dari 3 event ini setelah edisi tahun-tahun sebelumnya menunjukkan bahwa Bekraf berkomitmen untuk selalu konsisten mempromosikan produk-produk kreatif Indonesia ke seluruh dunia,” ucap Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Simandjuntak. Ia menggarisbawahi konsistensi upaya Bekraf untuk meningkatkan ekspor ekraf nasional. Selain itu, ia juga berharap agar dukungan ini dapat menjadikan industri fesyen dan kriya tanah air semakin berkembang pesat dan mendapat tempat di pasar global.

NY Now sendiri merupakan sebuah pameran dagang internasional yang secara eksklusif menampilkan produk-produk dari sub sektor kriya. Dihadiri lebih dari 25 ribu buyers dan menampilkan lebih dari 2.300 jenama home, lifestyle & gift dari berbagai negara, NY Now diklaim sebagai the most powerful retail event in North America. Edisi 2019 kali ini adalah kali keempat sejak 2016 pertama kali Bekraf berpartisipasi dalam gelaran NY Now. Tahun ini dengan mengusung tema “ICINC presents IDentities at NY Now”, keikutsertaan Bekraf di dalam event ini turut dipengaruhi oleh capaian menggembirakan para peserta, sejak edisi NY Now 2017 yang berhasil membukukan penjualan luar negeri sekitar Rp 11.494.270.800.

Pada pameran yang direncanakan akan dilangsungkan di Jacob K. Javits Convention Center, New York, AS, ini, terpilih 8 jenama yang akan mewakili dunia kriya nasional di paviliun Indonesia, yaitu Djalin, Kayou, Sackai Bags, Indo Risakti, Du’Anyam, Studio Dapur, Rengganis dan Kana Goods.

Sementara itu dalam Agenda Show dan Liberty Fairs yang akan berlangsung di Sands Expo, Las Vegas terpilih 8 peserta yang akan diberangkatkan. Annas Tribe, KoolaStuffa, Niion dan Reinkarnasi akan mewakili paviliun Indonesia di Agenda Show, sedangkan Pot Meets Pop (PMP), Elhaus, Monstore dan Bluesville sebagai perwakilan di Liberty Fairs. Jika Agenda Show adalah pameran untuk produk streetwear, maka Liberty Fairs adalah pameran untuk produk pria kontemporer.

Mengulang tema tahun lalu saat berpartisipasi dalam Agenda Show 2018, paviliun Indonesia di Agenda Show dan Liberty Fairs tahun ini akan kembali memajang “ICINC presents +62Finest at Agenda Show & Liberty Fairs” sebagai penanda kreativitas tanpa batas yang dimiliki oleh subsektor fesyen Indonesia.

Kembalinya Bekraf untuk kedua kalinya di event Agenda Show sendiri adalah untuk mengulang keberhasilan sejumlah peserta tahun lalu yang mendapatkan kontrak pembelian serta kerjasama dengan Urban Outfitters, Inc., sebuah perusahaan ritel multi-nasional yang bergerak di bidang lifestyle.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Vivo V9 Akan Diluncurkan di Candi Borobudur

Vivo Smartphone mengkonfirmasi bahwa peluncuran vivo V9 akan dilakukan pada hari Kamis, tanggal 29 M...

By: Kevin

Baca selengkapnya

Dope & Dapper Luncurkan Puma X Michael Lau

Kemarin Dope & Dapper bekerjasama dengan Puma untuk peluncurkan koleksi sneaker Puma x Michael Lau d...

By: Kevin

Baca selengkapnya

10 Alternatif Libur Lebaran Buat Kamu Yang Gak Mudik

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan selama libur panjang Lebaran. Dijamin liburanmu jadi makin a...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…