RIMOWA x Daniel Arsham

By Vinny Vindiani

Published on: 2021/05/13 16:09

RIMOWA x Daniel Arsham

Menghidupkan kembali koper vintage RIMOWA Classic Attache dalam sebuah karya seni “Eroded suitcase” hasil kolaborasi RIMOWA dan seniman kontemporer Daniel Arsham.

 

Menelusur kembali arsip koper-koper vintage RIMOWA, kini brand koper premium RIMOWA bekerja sama dengan seniman kontemporer asal New York, Daniel Arsham dalam sebuah karya seni bertema “Eroded suitcase”.

Mengambil inspirasi dari koper-koper kamera RIMOWA yang ikonik di beberapa dekade terakhir, Daniel Arsham menggunakan desain orisinalnya untuk menciptakan karya seni “eroded suitcase” yang ditampilkan sebagai objek arsip, lengkap dengan sarung tangan perawatan seni, dan dalam bentuk pahatan. Pahatan inipun ditempatkan dalam koper vintage yang menjadi objek inspirasi dari karya seni menarik ini, yaitu RIMOWA Classic Attaché.

Selalu menaruh ketertarikan akan dokumentasi, arsitektur dan pendekatan ilmiahnya akan seni patung, instalasi dan desain panggung, Daniel Arsham sukses mengadopsi bahasa masa depan dan masa lalu, serta membuka batasan antara arkeologi dan fiksi ilmiah.

Senada dengan seri "Future Relic" (2013-2018) di mana Arsham mengaplikasikan ragam objek keseharian dalam bentuk arkeologis dari masa depan dari sebuah dunia dystopia, karya seninya kali ini juga menampilkan bentuk layaknya diambil dari dalam tanah-tanah dan puing-puing. Bentuknyapun membuka imajinasi kita akan proses para arkeolog dalam proses pencarian penemuan bersejarahnya di situs penggalian. Warna putih juga memberikan petunjuk kontras dan memperkuat kesan objek yang berasal dari dunia lain.

Akan dipamerkan bersamaan dengan karya-karya serupa lainnya, seperti kamera Polaroid, pemutar kaset, dan ponsel yang tampak seperti peninggalan benda-benda bersejarah yang terkikis secara fisik, ragam koleksi ini seolah  menunjukkan bahwa teknologi baru bisa dengan cepat menjadi suatu hal yang kuno. Seri "Future Relic" juga mencakup beberapa film yang diproduksi Arsham tentang objek-objek ini yang dibintangi oleh aktor-aktor seperti James Franco, Juliette Lewis, dan Mahershala Ali.

Bermitra dengan rumah lelang Sotheby, peluncuran “eroded suitcase” kolaborasi RIMOWA x Daniel Arsham ditampilkan secara eksklusif dan sudah ditandatangani, serta dilengkapi surat pribadi sang seniman, satu set stiker koper edisi khusus rancangan RIMOWA dan Daniel Arsham. Pelelangan dilakukan secara online dan terbuka untuk penawaran mulai dari tanggal 2-13 Mei 2019. Sementara karya seni RIMOWA x Daniel Arsham akan tersedia dengan harga HK$16,700 mulai 17 Mei di gerai-gerai RIMOWA tertentu.

 

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

New Balance Berkolaborasi Dengan 6 Brand Sekaligus!

Berkolaborasi dengan satu dua brand ternyata menjadi hal yang biasa, New Balance bikin kolaborasi de...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Huawei Nova 3i dengan AI dan Quad-Camera

Huawei nova 3i menyajikan pengalaman smartphone premium pada perangkat cantik yang layak dimiliki ol...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Tips Merawat Rambut di Musim Hujan

Tips Merawat Rambut di Musim Hujan

By: Dipta Cinantya

Baca selengkapnya
Loading…