Rekap Berita Selama Bulan Agustus 2019

By Gilang Ramadhan

Published on: 2021/09/06 15:18

Banyak hal yang terjadi di bulan Agustus 2019 dari kejadian Gempa Bumi, Pemadaman Listrik di Jabodetabek Hingga Kebakaran Hutan dan tidak sampai di dalam negeri kebakaran hutan pun juga terjadi di Hutan Amazon Brazil. Serta juga terjadi kerusuhan di Hong Kong yang menjadi mata dunia bertuju kepada negara ini yang berdampak pada konser LANY dan The Vamps yang konsernya harus di undur.

Rekap berita tersebut bisa kamu baca dan tonton video di bawah ini!

Kerusuhan Hong Kong
Mata dunia kini tertuju kepada Hongkong, dimana warga setempat sudah hampir lebihd ari 2 bulan secara rutin mengadakan unjuk rasa di setiap akhir pekan. Para demonstran turun ke Jalan untuk mendesak pembatalan Undang Undang Ekstradisi yang dianggap melumpuhkan kedaulatan Hongkong.

Jika undang-undang ini disahkan, maka pemerintah dapat mengekstradisi siapa saja ke negara mana saja, termasuk China. Banyak warga menganggap hukum di China sangat merugikan warga Hongkong.

Tercatat ribuan pengunjuk rasa memadati area Bandara Hongkong pada Senin 12 Agustus 2019, dan memaksa seluruh penerbangan yang tersisi untuk membatalkan jadwal penerbangan.

Hal ini membuat banyak jadwal penerbangan tertunda dan menyebabkan beberapa musisi tertahan di Bandara Internasional Hongkong, seperti The Vamps, yang harus menunda konser mereka di Jakarta, karena mereka penerbangan mereka tertunda menunggu situasi yang kondusif di bandara.

 

Kebakaran Hutan Amazin di Brazil
Hingga tanggal 31 Agustus 2019, kebakaran hebat masih terjadi di Hutan Hujan Amazon, Brazil. Banyak pihak yang menyatakan bahwa Presiden setempat, Jair Bolsonaro  adalah orang yang paling bertanggung jawab atas kebakaran paru paru dunia ini.

Namun Presiden Jair Bolsonaro menampik hal tersebut, dan justru balik menuduh kelompok pencinta alam fanatik yang sengaja membakar hutan tersebut untuk menjelek-jelekan pemerintahannya.

Ini merupakan kebakaran terburuk sejak tahun 2010, dan diperkirakan sebanyak 85.000 titik api masih menyala di Amazon, dan sangat berdampak masif terhadap hewan-hewan maupun tumbuhan yang hidup di hutan tersebut.

Hingga saat ini pihak berwenang setempat bersama tim pemadam kebakaran masih berusaha untuk menghentikan penyebaran api.

 

Pemadaman Listrik Terjadi Di Daerah Jabodetabek
Peristiwa pemadaman listrik secara mendadak terjadi di Pulau Jawa termasuk kawasan Jabodetabek pada tanggal 3 Agustus pukul 11 siang. Imbas dari pemadaman listrik yang terjadi selama 2 sampai 3 hari ini disebabkan oleh kesalahan teknisi di beberapa pembangkit listrik di area pulau Jawa.

Plt Direktur Utama PT PLN Sripeni Inten Cahyani menjelaskan dihadapan Presiden Joko Widodo, bahwa ada gangguan beberapa kali pada saluran udara tegangan ekstra tingi 500 kV di Ungaran Pemalang. Sripeni juga berjanji bahwa pihaknya tidak akan mengulangi kesalahan seperti ini di lain waktu, dan mengevaluasi kinerja PLN dalam memberikan layanan listrik.

Kejadian tersebut membuat banyak aktivitas warga terhambat. Salah satunya matinya MRT yang membuat para penumpang harus berjalan menyusuri rel kereta bawah tanah sampai ke stasiun. Selain itu, beberapa warga terkendala pasokan air bersih karena pompa air tidak bisa digunakan.

Demi memberikan kompensasi kepada pelanggan, PLN memberikan diskon sebesar 35% untuk tagihan bulanan yang juga akan diberikan pada bulan berikutnya. Hingga kini, pihak PLN dan kepolisian masih dalam investigasi alasan pemadaman listrik tersebut.

 

Gempa 6,9 SR di Banten, Terasa Sampai Jakarta dan jawa Barat
Gempa dengan magnitude 6,9 skala richter terjadi di kawasan Banten dan Lampung pada 2 Agustus 2019 pada pukul 19:03 WIB. Gempa tersebut tersebar hingga 15 Kecamatan di Provinsi Banten, dan terasa sampai ke Jabodetabek. Akibat gempa tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan sekitar 26 unit rumah rusak di Sukabumi.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabu[aten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, rumah – rumah yang rusak akibat gempat Banten tersebar di 15 Kecamatan, yakni Parakansalak, Cikembar, Ciambar, Sagaranten, Cidahu, Nagrak, Bojongganteng, Kalapanunggal, Sukaraja, Waluran, Warungkiara, Cireunghas, Cisolok, Cicantayan, dan Ciemas.

Bantuan darurat disalurkan oleh BPBD dan beberapa lembaga LSM seperti alat perlengkapan mandi, tidur, makan, dan makanan siap saji untuk para korban. Selain mengungsi ke tempat pengungsian, warga yang terdampak juga mengungsi ke rumah keluarga terdekat maupun kerabatnya.

BMKG memastikan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

 

Sosialiasi Ganjil Genap yang Diperluas, dan Ditambah Durasinya
Di bulan Agustus ini, Dishub DKI Jakarta memsosialisasikan kebijakan baru, yakni perluasasn area Ganjil Genap dan penambahan jam. Ganjil genap kali ini akan dimulai pukul 6 hingga 10 pagi, serta 4 sore hingga 9 malam.

Kebijiakan ini diambil untu mengurangi jumlah polisi di DKI Jakarta, dan memaksa warga untu menggunakan transportasi umum.

Sosialisasi dilaksanakan mulaii 7 Agustus hingga 6 September 2019, dimana polisi tidak akan menilang pengendara, namun hanya mengingatkan saja.

Aturan ini baru diterapkan secara resmi pada September 2019, dan warga diminta untuk lebih waspada dengan perubahan aturan ini.

 

Gedung Bioskop TIM Ditutup
Gedung Bioskop XXI yang berada di kawasan Taman Izmail Maruki Jakarta berhenti beroperasi tanggal 19 Agustus 2019 karena kontraknya sudah habis dan tidak diperpanjang.  Rencananya bangunan bioskop tersebut akan masuk dalam proyek revitalisasi TIM.

Bangunan akan dibongkar dan akan dibongkar menjadi gedung perpustakaan baru, dan sebagian bangunan akan digunakan untu perluasan gedung pertunjukan Graha Bakti Budaya.

Rencanakanya kapasitasnya akan ditambah, dimana saat ini gedung dapat menampuk 800 tempat duduk, dan akan diperbanyak menjadi 2000 tempat duduk. Proyek ini rencananya akan selesai pada 2021 mendatang.

 

Instalasi Gabion pengganti Getah Getih
Instalasi bambu Getah Getih dibongkar oleh pemprov DKI Jakarta pada 17 Juli 2019, setelah hanya bertahan selama 11 bulan dan menghabiskan anggaran sebesar 550 juta rupiah.

Kini sebagai pengganti, Pemprov memndirikan Instalasi Gabion atau bronjong.

Gabion atau brojong sendiri adalah susunan bebatuan yang diikat dengan pagar kawat, dan di atasnya diletakkan sejumlah bunga.

Tanaman-tanaman seperti Lidah Mertua, Bougenville diletakkan disekeliling instalasi Gabion ini, dan tanaman tersebut dipercaya dapat menyerap polusi di Jakarta.

Proyek ini menelan anggaran sebesar 15 juta rupiah, dan dana tersebut diambil dari APBD Dinas Perhutanan DKI Jakarta.

 

Presiden Joko Widodo Menetapkan Kalimantan Timur Menjadi Lokasi ibu Kota Baru
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 26 Agustus mengumumkan lokasi ibu kota Indonesia yang baru yaitu Kabupaten Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur. Pemindahan ibu kota negara ini berdasarkan hasil kajian yang dilakukan selama tiga tahun.

Jokowi menjelaskan alasan memilih ibu kota di dua kabupaten Kalimantan Timur, karena minim risiko bencana alam baik banjir, gempa, tsunami, kebakaran hutan, maupun tanah longsor. Selain itu, Kalimantan Timur memiliki lokasi yang strategis karena berada di tengah – tengah Indonesia dan berada di wilayah perkotaan yang sudah berkembang, fasilitas infrastruktur yang relatif lengkap, dan pemerintah punya ketersediaan lahan mencapai 180 ribu hektar.

Kalimantan Timur sendiri menjadi salah satu provinsi yang infrastruktur jalan tolnya sedang dibangun lewat Proyek Strategis Nasional (PSN). PT Jasa Marga Balikpapan – Samarinda menargetkan jalan tol di Kaltim dapat beroperasi pada akhir 2019. Selain itu, Bupati Penajam Paser Utara Abdul Mas’ud juga mengatakan dalam waktu dekat ini, di wilayahnya akan dibangun jembatan tol terpanjang yang menghubungkan Penajam Paser Utara dengan Balikpapan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro menambahkan, pembangunan ibu kota tidak akan dilakukan di atas lahan konservasi yang dilindungi. Ibu kota baru Indonesia nantinya memiliki konsep smart, sustainable, and green, yaitu pembangunan kota tanpa mengganggu ekosistem dan fungsi hutan lindung. Pemerintah sendiri baru akan memulai pembangunan ibu kota pada 2021, dengan memindahkan pusat pemerintahan seperti lembaga eksekutif.

Timnas U-18 Juara 3 Piala AFF
Timnas U-18 Indonesia raih peringkat ketiga di ajang Piala AFF U-18 2019 setelah berhasil menumbangkan Myanmar pada perebutan tempat ketiga.

Bertanding di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Senin (19/8/2019) sore WIB, laga timnas U-18 vs Myanmar berakhir dengan skor 5-0.

Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak oleh brace Beckham Putra (37', 45'), dan hat-trick Mochammad Supriadi (38', 41', 45+2').

 

Ahsan/Hendra Juara Dunia 2013 di Ganda Putra BWF World Championships
Pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, meraih medali emas pada final kejuaraan dunia BWF 2019. Bermain di St. Jakobshalle Basel Swiss, 25 Agustus, Ahsan/Hendra sukses mengalahkan lawannya asal Jepang Takuro Hoki dan Yugo Kobayashi dengan skor 25-23, 9-21, 21-15.

Gelar Kejuaraan Dunia 2019 ini merupakan yang ketiga untuk pasangan berjulukan The Daddies tersebut. Sebelumnya, mereka meraih emas pada kejuaraan dunia 2013 di Guangzhou China, dan 2015 di Istora Senayan Jakarta.

Selain itu, kemenangan ini begitu spesial bagi Hendra Setiawan, karena dirinya berulang tahun yang ke-35 tahun, pada hari final. Medali emas dari kejuaraan dunia BWF ini menjadi kado istimewa bagi Hendra, yang mengatakan belum memikirkan soal pensiun.

 

Liverpool Juara Piala super Eropa
Juara Liga Champions musim lalu Liverpool berhasil menjuarai UEFA Super Cup melawan juara Liga Eropa musim lalu, Chelsea. Bermain di Vodafone Park Istanbul, Rabu 4 Agustus, kedua tim sama – sama bermain baik sepanjang laga. The Reds tertinggal dulu dari Chelsea setelah Olivier Giroud mencetak gol di babak pertama pada menit ke-36.

Di awal babak kedua, Sadio Mane berhasil membawa Liverpool menyamakan kedudukan pada menit ke-48, setelah menerima umpan dari Roberto Firmino. Skor 1-1 bertahan sampai pengujung babak kedua sehingga pertandingan berlanjut ke babak ekstra time. Liverpool berhasil mencetak gol pada menit ke-95 lewat sepakan Sadio Mane, namun Chelsea mampu membalas lewat penalty Jorginho pada menit ke-101.

Pertandingan harus ditentukan dari adu penalty, dan pemain muda Chelsea Tammy Abraham gagal mengeksekusi penalty ke-5 sehingga Liverpool keluar sebagai juara. Ini merupakan trofi kedua bagi Jurgen Klopp, semenjak menangani Liverpool pada 2015 lalu. Selain itu, The Reds juga menjadi satu – satunya klub Inggris yang memenangkan Piala Super Eropa dalam satu dekade.

 

PSM Makassar Juara Piala Indonesia
PSM Makassar keluar sebagai juara Piala Indonesia setelah Juku Eja mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-0 di leg kedua final.

Final Piala Indonesia berlangsung dua leg. Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, 21 Juli 2019, Persija unggul 1-0 atas PSM lewat gol Ryuji Utomo.

Di leg kedua yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa (6/8), PSM berbalik menang 2-0. Gol dicetak Aaron Evans dan Zulham Zamrun.

Hasil itu membuat PSM unggul agregat 2-1 atas Persija. Kesebelasan Sulawesi Selatan itu pun berhak mengangkat trofi juara Piala Indonesia.

 

Shawn Mendes, Camila Cabello Semakin Dekat
Di bulan Agustus ini Shawn Mendez dan Camila Cabello semakin menunjukan kemesraannya. Diawali dari mereka sering tertakap kamera paparazzi makan siang bersama, hingga liburan bersama di Miami dan merekapun terlihat berciuman.

Shawn dan Camila pun terlihat mesra di pesta ulang tahun Shawn Mendez yang ke 21 pada 8 Agustus lalu.

Tidak hanya terlihat kompak di depan wartawan, Shawn dan Camila pun kompak untuk meng-uninstall sosial media di handphonenya, baik itu instagram maupun facebook.

Pada penghargaan Video Music Awards 2019, 26 Agustus lalu, mereka perform dan menyanyikan lagu Senorita. Lagu tersebut juga membawa pulang piala untuk kategori best kolaboration.

Namun sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari kedua belah pihak apakah mereka benar-benar pacaran.

 

Miley Cyrus dan Liam Hemsworth Bercerai
Miley Cyrus dan Liam Hemsworth memutuskan untuk berpisah setelah menikah selama 8 bulan. Melalui juru bicara masing masing, mereka mengumumkan perpisahan pada awal Agustus. Liam pun pada tanggal 21 Agustus mengajukan gugatan cerai ke pengadilan di New York.

Walaupun berpisah mereka tetap berusaha menjadi teman baik dan tetap mendoakan yang terbaik untuk Miley.  Mereka berjanju akan tetap  menjadi orang tua untuk binatang peliharaan mereka yang berjumlah 16.

Karena banyaknya rumor dari netizen yang menuduhnya berselingkuh dari Liam, Miley langsung membantahnya dan menyatakan walaupun dirinya memang nakal, tapi dia bukan pembohong dan menyatakan tidak pernah berhubungan dengan orang lain selama  dirinya menikah dengan Liam.

 

Katie Holmes dan Jamie Foxx Bercerai
Setelah enam tahun menjalin hubungan asmara, aktor sekaligus penyanyi, Jamie Foxx memutuskan untuk berpisah dengan aktris Katie Holmes.

Rumor keduanya telah berpisah mulai menyebar setelah aktor film "Baby Driver" ini terlihat bergandengan tangan dengan penyanyi, Sela Vave pada Jumat (16/8/2019) malam. Ketika keduanya tampak bersama-sama meninggalkan klub malam Bootsy Bellows di Los Angeles, Amerika Serikat.

Sementara itu, pada acara Met Gala 2019 pada bulan Mei lalu, Jamie dan Katie tampil di publik sebagai pasangan untuk kali pertama. Kedekatan mereka pun mulai tercium kurang lebih satu tahun setelah Katie berpisah dari Tom Cruise.

 

Taylor Swift Merilis Album 'Lover'
Setelah dituggu lama, akhirnya album baru Taylor Swift “Lover” dirilis pada 23 Agustus 2019, dan langsung menempati posisi puncak penjualan di Amerika. Selain merilis album terbaru, fans dapat melihat video klip lagu “Lover’ di peluncuran album ini.

Dalam sebuah interview Taylor menyatakan sangat bangga dengan album ini, karena selain ini dapat menyampaikan ide idenya melalui lagu, album Lover ini adalah album perdananya dari label barunya UMG Republic. Dan untuk pertama kalinya Taylor memiliki hak penuh atas albumnya.

Berdasarkan kontrak dengan label sebelumnya, Big Machine, Taylor tidak mempunyai hak atas master rekaman enam albumnya dan karena Big Machine telah diakuisisi oleh Scooter Braun, manajer dari beberapa artis, seperti Justin Bieber, Demi Lovato, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi masalah ini, Taylor berencana untuk merekam kembali semua lagu dari ke enam albumnya, dan merilis kembali.

 

Westlife Konser di Jakarta, Mengumumkan Album Baru
Rangkaian konser Westlife di Indonesia akhirnya berakhir. Setelah sebelumnya tampil di Jakarta, Palembang, dan Yogyakarta, Westlife menutup konser bertajuk “Twenty Years” di kota Semarang.

Di salah satu konser tersebut, mereka mengumumkan bahwa akan akan menghadirkan album baru berjudul Spectrum, yang bekerja sama dengan musisi ternama Ed Sheeran.

Jika tak ada aral melintang, album baru Westlife akan hadir pada 8 November 2019. HIngga saat ini sudah ada tiga lagu yang diperdengarkan selama konser The Twenty Tour, yaitu Hello My Love, Better Man, dan Dynamite.

 

LANY Mengundur Salah Satu Konser di Jakarta
Konser band LANY di Jakarta yang dijadwalkan dimulai pada Selasa (13/8) pukul 19.00 WIB dibatalkan. Promotor konser, Vizion Vibe, menyatakan, konser ditunda karena masalah teknis.

"Karena masalah kesehatan dan keselamatan di area kami terpaksa menjadwalkan ulang konser LANY pada besok," tulis Vizion Vibe, dalam akun media sosialnya.

Konser LANY di Jakarta seharusnya digelar dua kali, yakni pada 13 dan 14 Agustus. Dampak pembatalan, kedua konser menjadi digelar dalam satu hari yaitu pada 14 Agustus pukul 18.00 WIB dan 22.00 WIB.

LANY melalui akun media sosialnya menjelaskan alasan pembatalan, yaitu terkait kondisi kelistrikan yang dikatakan tidak aman untuk menggelar konser.

Pihak LANY menjelaskan pemegang tiket hari ini yang tidak bisa menghadiri konser di hari selanjutnya itu diharapkan menghubungi penjual tiket yang bekerja sama dengan Vizion Vibe.

 

Spider-Man Keluar dari Marvel Cinematic Universe
Karena tidak ada kesepakatan antara Sony dan Disney, akhirnya Spiderman keluar dari MCU, dengan demikian Tom Holland tidak akan memerankan Peter Parker dan tidak akan ada Spiderman di film film Marvel.

Perselisihan ini terjadi karena pihak Disney meminta untuk film Spiderman berikutnya, biaya produksi ditanggung 50-50 dengan Sony. Namun Sony menolak hal ini.

Spiderman Far From Home adalah film kedua yang dibuat Sony bersama Marvel Studios dan mejadi film Sony yang paling laris. 

 

Jagat Sinema BumiLangit Umumkan List Film dan Pemeran
Selama satu dekade terakhir ini, film-film yang bertemakan superhero laku keras di seluruh dunia. Dua perusahaan komik terbesar Amerika pun berhasil membuat sebuah semesta perfilman yang menghubungkan antara satu film superhero dengan lainnya, yang disebut MCU dan DCEU.

Nah, Indonesia Pada Januari 2019 lalu, diumumkan bahwa Indonesia bakal punya semesta film superhero sendiri yang disebut dengan Jagat Sinema BumiLangit.

BumiLangit merupakan sebuah perusahaan komik di Indonesia yang didirikan pada 2003 dan mengelola sebanyak 500 karakter superhero lokal. Meskipun begitu, berdasarkan timeline film-film yang bakal rilis dari 2019 hingga 2023, kemungkinan baru akan mengenalkan delapan karakter.

Mereka adalah Gundala, Si Buta dari Gua Hantu, Sri Asih, Maza, Mandala, Godam, Aquanus, serta Tira. Sementara pemainnya pun bertabur bintang, seperti Dian Sastro, Pevita Pearce, Joe Taslim, hingga Vanessa Priscilla.

Harry Styles Menolak Peran Prince Eric
Harry Styles tidak akan mengambil peran sebagai Prince Eric, dalam film Disney live-action Little Mermaid. Dalam laporan The Hollywood, sutradara musical untuk film little mermaid live action Rob Marshall, tidak lagi mempertimbangkan mantan personil one direction tersebut, karena alasan yang tak ia sebutkan.

Sementara para aktor dan actress yang akan bermain dalam film Little Mermaid diantaranya, Halle Bailey sebagai Ariel, Melissa McCarthy sebagai Ursula, Jacob Tremblay untuk mengisi suara Flounder, dan Awkwafina yang mengisi suara Scuttle.

Rencananya, film Disney Little Mermaid live action ini akan meng-cover ulang orginal soundtracks versi animasi pada tahun 1989.

 

Kerusuhan Hong King Menyebabkan Konser The Vamps Diundur
The Vamps mengumumkan penundaan konser mereka di Jakarta yang seharusnya digelar pada Selasa 13 Agustus 2019. Penyebabnya adalah mereka terjebak di Hongkong, yang sedang dilanda demo besar besaran untuk menolak Rancangan Undang Undang Ekstradisi.

Hal tersebut disampaikan melalui media sosial pihak promotor, dan rencananya konser akan dinundur menjadi hari Rabu 14 Agustus 2019.

“Kami sedang mencoba membuat semuanya berjalan lancar, dan berharap dukungan dan pengertian kalian semua. Terima kasih” tulis pihak promotor.

Konser ini merupakan bagian dari tur The Four Corner Tour dari The Vamps dan setelah dari Jakarta, mereka akan tampil di Singapura pada 15 Agustus, kemudian dilanjutkan ke Jepang pada 17-18 Agustus.

 

List Pemenang MTV VMAs 2019
MTV Video Music Awards (VMA) 2019, telah diselenggarakan Senin 26 Agustus waktu setempat di New Jersey's Prudential Center. Dalam ajang tersebut, para musisi ternama seperti Taylor Swift, Shawn Mendes, Billie Eilish, dan Camila Cabello menampilkan musik - musik andalan mereka, sekaligus bersaing dalam memperebutkan nominasi dalam beberapa kategori.

Khususunya Taylor Swift, ia memainkan dua lagu dari album terbarunya "Lover" yang juga menjadi ajang promosi. Selain itu, ada juga Jonas Brothers yang menampilkan singlenya 'Sucker' dan 'Only Human'.

 

Berikut list pemenang dari MTV VMA 2019: 

Artist of the Year

WINNER: Ariana Grande

Best R&B
WINNER: Normani: “Waves” [ft. 6LACK]

Best Rock
WINNER: Panic! At the Disco: “High Hopes”

Best New Artist
WINNER: Billie Eilish

Best Collaboration

WINNER: Shawn Mendes / Camila Cabello: “Señorita”

Best Pop
WINNER: Jonas Brothers: “Sucker”

Song of the Year
WINNER: Lil Nas X: “Old Town Road (Remix)” [ft. Billy Ray Cyrus]

Video of the Year
WINNER: Taylor Swift: “You Need to Calm Down”

Video for Good
WINNER: Taylor Swift: “You Need to Calm Down”

Best Latin
WINNER: ROSALÍA / J Balvin: “Con Altura” [ft. El Guincho]

Best Hip-Hop
WINNER: Cardi B: “Money”

Song of Summer
WINNER: Ariana Grande and Social House: “Boyfriend”

Best K-Pop
WINNER: BTS: “Boy With Luv” [ft. Halsey]

Best Dance
WINNER: The Chainsmokers: “Call You Mine” [ft. Bebe Rexha]

Push Artist of the Year
WINNER: Billie Eilish

Best Editing
WINNER: Billie Eilish: “bad guy” (editing: Billie Eilish)

Best Art Direction
WINNER: Ariana Grande: “7 rings” (art direction: John Richoux)

 

 

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Ubud Writers & Readers Festival akan Digelar di Lima Kota di...

Mengusung tema Karma, penyelengaraan festival pada tahun ke-16 ini menghadirkan lebih dari 180 pembi...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

8 Besar Piala Dunia 2018, Trofi Piala Dunia Mendekat Ke Ruma...

Menjadi salah satu liga terbaik di dunia, Premier League, Inggris menjadi sorotan setelah tidak meme...

By: Reza Reinaldo

Baca selengkapnya

OPPO Reno 10x Zoom Edisi Barcelona Masuk Indonesia dan Dijua...

OPPO dan FC Barcelona Perbarui Kerja Sama, Luncurkan Reno FC Barcelona Limited Edition.

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…