Lifestyle Life Hacks
Masalah Kurang Tidur Yang Akan Buat Hidup Kita Tidak Sehat

By ali adam malik

Published on: 2021/10/29 17:12

 

Kita disarankan untuk tidur delapan sampai sepuluh jam setiap malamnya. Jika kita cukup tidur dan memiliki kualitas tidur yang baik, kesehatan tubuh kita akan terjaga. Teman-teman semua pasti ingin memiliki tubuh yang sehat, kan? 

 

Menurut beberapa penelitian, waktu tidur di malam hari bisa berpengaruh terhadap hormon dan metabolisme tubuh. Bahkan kurang tidur bisa membuat kita jadi makan lebih banyak daripada biasanya, loh!

 

Wah, bagaimana itu bisa terjadi, ya? Yuk, kita cari tahu jawabannya!

 

Kurang Tidur Membuat Kita Makan Lebih Banyak

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa kurang tidur akan membuat seseorang kurang merasa puas setelah makan. Hal ini juga memengaruhi bagaimana tubuh memetabolisme lemak, teman-teman. Kondisi ini memicu munculnya selera makan berlebih dan berujung pada kenaikan berat badan. Penelitian kecil tersebut melibatkan 15 laki-laki sehat yang berusia sekitar 20 tahun. Kebiasaan tidur mereka diteliti dalam laboratorium tidur selama sepuluh malam. Pada lima hari di antaranya, mereka diminta untuk tetap terbangun di malam hari hingga waktu tidur mereka tidak lebih dari lima jam. Sementara, pada lima hari sisanya, mereka bisa kembali tidur seperti biasa.

 

Peneliti Memberikan Makanan Tinggi Kalori

Setelah pembatasan tidur selama empat hari, para peneliti memberikan makanan pada partisipan. Makanan mac and cheese pedas tinggi kalori dan lemak diberikan pada larut malam. Namun, pada periode ketika partisipan tidur lebih lama, mereka juga diberikan makanan tinggi lemak sebelum tidur. Meski tipe makanan yang mereka makan mempunyai kandungan lemak yang sama, partisipan dilaporkan merasa kurang kenyang pada malam ketika mereka kurang tidur.

 

Tubuh Lebih Lambat Bersihkan Lemak di Darah

Ketika para peneliti melihat sampel darah, mereka juga menemukan bahwa tubuh para partisipan cenderung lebih lambat dalam membersihkan lemak dari aliran darah. Kondisi ini menjadi masalah karena bisa menyebabkan penimbunan lemak pada dinding arteri. Selain itu, keadaan ini pun meningkatkan risiko penyakit jantung dan mendorong penyimpanan lemak. Hal inilah yang lalu dapat menimbulkan penambahan berat badan, teman-teman. Pembatasan tidur, meski hanya beberapa hari, akan mengubah tingkat kepuasan kita terhadap makanan, bahkan terhadap makanan tinggi kalori. Kondisi ini bisa memicu kita untuk makan lebih banyak dari yang kita butuhkan. Di samping itu, membatasi tidur juga mengubah cara tubuh memproses apa yang dimakan dan berpotensi memicu kenaikan berat badan, bahkan diabetes dalam jangka panjang.

 

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Olivia Burton Pre-AW19 Collection

Menjelang musim autumn-winter 2019 mendatang, Olivia Burton menghadirkan koleksi-koleksi cantik deng...

By: Vinny Vindiani

Baca selengkapnya

Canon, Bereksperimen Akan Bikin Kamera Seukuran Flashdisk

Canon sedang bereksperimen dengan membuat kamera pocket dengan nama Ivy Rec yang memiliki ukuran leb...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Leader BTS Berulang Tahun, Fans Ramaikan Tagar #HappyBirthda...

Leader BTS Berulang Tahun, Fans Ramaikan Tagar #HappyBirthdayNamjoon

By: ali adam malik

Baca selengkapnya
Loading…