Eat & Drink Food
5 Hidangan Khas Indonesia yang Harus Kamu Coba!

By Dipta Cinantya

Published on: 2022/03/04 16:50

Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki lebih dari 17.000 pulau dengan adat bbudaya yang berbeda-beda sesuai dengan suku dan wilayahnya. Dengan adanya perbedaan-perbedaan yang ada di dalam satu Indonesia, maka muncul berbagai macam jenis makanan yang berbeda pula. 

Rendang, gudeng, mie kocok, dan lumpia mungkin menjadi hidangan khas Indonesia yang umum dan mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Tapi tahukah kamu bahwa masih banyak makanan khas Indonesia yang belum kamu coba? Berikut ini mungkin salah satunya! 

Gulai Belacan (Riau)

Gulai Belacan adalah hidangan tradisional yang berasal dari Riau yang memiliki rasa pedas. Bahan utama untuk membuat Gulai Belacan adalah udang, sesuai dengan kata “Belacan” yang berarti terasi atau udang. Udang ini diolah dengan berbagai macam rempah seperti lada, kemiri, asam jawa, dan santan. Kamu juga bisa menambahkan petai ke dalam masakan agar semakin menggugah selera.

Gulai Ikan Manyung (Pantura)

Pernah coba masakan tradisional yang satu ini? Gulai Ikan Manyung adalah hidangan khas yang bisa kamu temukan di sepanjang jalur Pantura dengan cita rasa yang pedas nikmat. Bahan utamanya adalah kepala Ikan Manyung yang dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah. Ikan Manyung sendiri adalah ikan yang masuk dalam bangsa ikan berkumis dan biasa dibuat menjadi ikan asin yang dikenal dengan istilah Jambal Roti.

Gohu Ikan (Ternate, Maluku Utara)

Gohu Ikan adalah hidangan khas yang berasal dari Ternate, Maluku Utara, yang disajikan mentah sama halnya dengan sashimi Jepang. Bahan utama yang digunakan untuk Gohu Ikan adalah Ikan Tuna atau Cakalang yang dipotong dadu dan dilumuri garam dan perasan lemon. Tidak lupa juga untuk menambahkan irisan cabe rawit dan bawang merah yang kemudian disiramkan ke atas daging ikan sebelum disajikan. Gohu Ikan ini biasa dinikmati sebagai hidangan pendamping ketika makan nasi atau bubur sagu.

Pendap (Bengkulu)

Tidak lengkap rasanya kalau ke Bengkulu tapi belum mencicipi hindangan yang satu ini! Pendap atau pepes ikan asal Bengkulu yang terkenal bagi para pecinta kuliner karena rasanya yang nikmat. Pendap dibuat dengan kelapa parut yang diberi berbagai macam seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, cabai giling, dan banyak lagi. Setelah tercampur, bahan ini diletakkan di atas daun talas dan diberi sepotong ikan.

Juhu Singkah (Kalimantan Tengah)

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “rotan”? Salah satu bahan yang biasa digunakan untuk membuat furnitur? Jangan salah nih! Ternyata rotan juga bisa dijadikan bahan masakan. Salah satunya adalah Juhu Singkah, hidangan khas dari Kalimantan Tengah yang tebuat dari pangkal rotan muda (umbut rotan). Hidangan ini memiliki rasa yang gurih, asam, dan sedikit pahit. Bercampur dengan manisnya daging ikan membuat hidangan ini semakin nikmat.

Nahm, tadi adalah hidangan-hidangan khas Indonesia yang sayang bila kamu lewatkan. Sebenarnya masih banyak hidangan khas Indonesia lain yang tidak kalah nikmat. Apa saja kah itu? Share di comment yuk! 

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Gusto Lounge Epicentrum

Gusto telah rebranding konsep mereka pada tahun ini 2018, berlokasi di pusat perkantoran Kuningan Ep...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Hidangan Istimewa Hari Raya Imlek dari Hakkasan Jakarta

Hari Raya perlu ditemani dengan hidangan kuliner autentik, dilahap bersama keluarga dan kerabat. Hak...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

ISHIGAMAYA - Restoran Spesialisasi Hamburg

Hamburg, salah satu jenis masakan yang sangat populer di Jepang, sudah dieksplor dengan berbagai met...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…