Lifestyle Gadget
Byte Penerus Vine yang Siap Jadi Pesaing TikTok

By Gilang Ramadhan

Published on: 2022/01/30 17:08

Mantan Pendiri Vine Hadirkan Aplikasi Baru Bernama Byte

 

Co-creator Vine, Dom Hoffman baru-baru ini merilis sebuah aplikasi baru bernama Byte. Byte merupakan versi terbaru dari aplikasi Vine yang  telah ditutup sejak 2017 silam. Layaknya Vine, aplikasi ini akan berfokus pada video yang berdurasi enam detik. 

Aplikasi Byte ini juga menyediakan sistem monetization bagi para content creator. Hoffman mengatakan pada TechCrunch bahwa sistem monetization ini akan mengizinkan content creator mendapatkan uang dari iklan seperti sistem monetization milik YouTube. Hoffman menuturkan bahwa detail mengenai hal ini akan segera diumumkan. Monetization yang ditawarkan oleh Byte sendiri tidak dimiliki oleh kompetitor mereka seperti TikTok. 

Kehadiran aplikasi Byte nampaknya mampu menjadi alternatif TikTok. Pasalnya, TikTok yang berada di bawah naungan perusahaan Cina, ByteDance, akhir-akhir ini mendapatkan kritik setelah menyensor konten para pengguna. Beberapa konten yang sempat disensor adalah konten komunitas LGBTQ dan konten yang mengkritik pemerintah Cina atas perlakuannya terhadap Muslim Uighur. Selain itu, TikTok baru-baru ini juga mendapatkan tuntutan hukum setelah mentransfer data pengguna ke Cina. 

Sebelumnya Dom Hoffman telah mengumumkan proyek lanjutan Vine yang awal mulanya direncanakan rilis pada musim panas 2018 silam. Namun, peluncuran itu tertunda hingga tahun 2020 ini. Byte saat ini sudah dapat diunduh melalui iOS dan Android sejak 24 Januari 2020.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Kolaborasi Unik Desainer Indonesia Bersama Hasbro

Hasbro baru saja meluncurkan koleksi fashion yang terinpirasi dari ‘My Litlle Pony’ dengan para ...

By: Kevin

Baca selengkapnya

Asia IoT Business Platform: Menggali Potensi Bisnis Berbasis...

Ada peluang besar dalam penyebarluasan manfaat IoT bagi proses bisnis di Indonesia, sebab ada banyak...

By: Reza Reinaldo

Baca selengkapnya

Nintendo Switch Akan Rilis Konsol Baru Dengan Tema ‘Animal...

Nintendo Switch Akan Rilis Konsol Baru Dengan Tema ‘Animal Crossing: New Horizons’

By: ali adam malik

Baca selengkapnya
Loading…