Year in Search : Top Trending Search di Penelusuran Google sepanjang tahun 2018

By Gilang Ramadhan

Published on: 2018/12/24 15:29

(Ki-Ka) Feliciana, Virgoun, Anji, Mira Sumanti (2)

Menyambut akhir tahun 2018, 13 Desember 2018. Google mengumumkan hasil dari Year in Search 2018 yang menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren tahun 2018 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia. Year in Search 2018 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Daftar Year in Search 2018 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.

“Sejalan dengan misi Google untuk membantu seluruh pengguna menjelajahi informasi, kami merilis Year in Search yang mengeksplor tren topik dan peristiwa berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2018. Tahun ini, Year in Search menunjukkan bahwa 2018 adalah tahunnya generasi muda berkarya untuk Indonesia , mulai dari berkarya untuk membawa kebaikan, menginspirasi, dan mengharumkan nama bangsa ,” ujar Feliciana Wienathan selaku Communications Manager, Google Indonesia.

Banyak momen sulit bagi Indonesia yang menjadi topik yang trending dalam peristiwa nasional tahun ini. Dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir beberapa musibah terjadi di Indonesia, seperti gempa Lombok, tsunami di Palu, dan kecelakaan pesawat Lion Air. Akan tetapi, di tengah berita memilukan ini, masyarakat Indonesia juga saling mendukung dan bahu-membahu untuk menolong para korban bencana melalui berbagai gerakan dan inisiatif sosial.

Sejak tahun lalu, kami melihat bahwa minat orang Indonesia terhadap konten lokal dari artis lokal terus meningkat. Hal ini bisa kita lihat dari hasil tren penelusuran di beberapa kategori, bahwa banyak kreator YouTube, musisi, penulis, sineas yg menginspirasi masyarakat Indonesia dengan karya-karya mereka. Sebagai contoh, Near, pencipta lagu asal Flores yg merilis lagu ‘Karna Su Sayang’ pertama kali di YouTube menjadi salah satu lagu yg banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Ada juga sosok inspiratif muda, seorang kreator di YouTube, Nissa Sabyan juga cover lagunya berjudul ‘Deen Assalam’, sebagai salah satu selebriti dan lagu yg banyak dicari di Google sepanjang tahun 2018.

Selain itu, film Dilan 1990 menjadi salah satu film yang trending di Google Penelusuran tahun ini, dan menginspirasi banyak hasil penelusuran lain seperti ‘Kata-Kata Dilan’ dan ‘Gombalan Bikin Baper’ turut menjadi salah satu dari beragam topik yang trending dalam peristiwa hiburan tahun ini. Tahun ini juga diwarnai oleh banyak prestasi yg mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional juga menunjukkan persatuan Indonesia. Perhelatan akbar Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang menjadi salah satu hasil penelusuran yang trending di Indonesia tahun ini, sekaligus menjadi momen dimana dunia menyaksikan Indonesia berhasil meraih peringkat ke-4. Beberapa nama olahragawan juga muncul di top trending search , seperti Jonathan ‘Jojo’ Christie dan Kevin Sanjaya yang berhasil meraih medali emas di cabang olahraga bulu tangkis di Asian Games 2018. Tak kalah juga, semangat Tim nasional sepakbola Indonesia U23 di berbagai ajang internasional juga turut menjadi salah satu tokoh yang banyak dicari di Google sepanjang tahun 2018.

 

Untuk melihat informasi lebih lanjut tentang Google Year In Search di dunia dapat mengunjungi google.com/2018 dan video Google Year In Search 2018 untuk Indonesia dapat di tonton di https://youtu.be/-yPJzReKuJ0

Top Trending Searches 2018

Top Trending Search 2018 - Film

Top Trending Search 2018 - Lagu

Top Trending Search 2018 - Peristiwa Hiburan

Top Trending Search 2018 - Peristiwa Nasional

Top Trending Search 2018 - Selebriti

Top Trending Search 2018 - Tokoh

 

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa 2018 adalah tahun generasi muda berkarya untuk Indonesia lewat olahraga, musik dan film.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Vevo menutup situs Website dan Mobile App

Perusahaan hosting video musik masih akan bertahan di YouTube dan konten aslinya.

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Kenny G kembali menggelar konser tunggalnya One Night Only

Menikmati Perpaduan Apik antara Alunan Jazz Romantis Berbalut Eksotisme khas Bossa Nova bersama Kenn...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

New Music: September 2018

Musik terbaru dari band dan para artis internasional. Cek it out!

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…