Lifestyle Gadget
Tips Melindungi Whatsapp dari Bahaya Serangan Hacker

By Gilang Ramadhan

Published on: 2019/01/02 20:16

whatsapp bahaya serangan hacker

WhatsApp yang telah menjadi aplikasi populer bahkan sangat wajib digunakan pengguna smartphone saat ini, dengan jumlah pengguna aktif bulanan menembus angka 1,5 miliar di akhir tahun 2017. Tetapi harus berhati-hati kepopuleran WhatsApp membuat para hacker menjebol dan menyalahgunakan data pengguna untuk tujuan yang pasti gak bagus.

Meskipun teknologi end-to-end encryption menjadi keamaan para pengguna WhatsApp untuk konten yang dikirim atau diterima pengguna sulit diterima. Hacker akan terus mencari cara untuk meretas akun pribadi para pengguna WhatsApp.

Bagaimana sih agar meningkatkan keamanan WhatsApp?
Yuk simak langsung tipsnya!

1. Periksa Enkripsi 

WhatsApp memang otomatis langsung mengenkripsi semua pesan. Para penggunanya pun bisa langsung mengecek apakah fitur enkripsi telah aktif untuk menghindari informasi pribadi yang terkirim dalam pesan. 

Caranya, dengan membuka informasi kontak lawan bicara di nama atau nomornya untuk verifikasi enkripsi sebelum memulai percakapan dengan kontak tertentu. Kemudian kode ini bisa diverifikasi secara manual dengan membandingkan digitnya, atau dengan memindai kode QR.

2. Aktifkan Notifikasi Keamanan 

Dengan mengaktifkan notifikasi keamanan ini, WhatsApp dapat mengirim pemberitahuan ketika kode keamanan enkripsi telah berubah. Biasanya, fitur itu berguna ketika pengguna WhatsApp memindahkan data backup obrolan dari ponsel lama ke ponsel baru.

Untuk mengaktifkan nofitikasi keamanan, pengguna bisa buka Setting, pilih Account, lalu Security. Dalam jendela Security ini nyalakan 'Show security notifications'.

3. Aktfikan Verifikasi Keamanan Dua Langkah 

Verifikasi keamanan dua langkah adalah fitur andalan WhatsApp dalam mengamankan penggunanya. Untuk mengaktifkannya, buka fitur Setting, pilih Account, lalu pilih Two-step verification.

Aktifkan fitur dengan tekan tombol Enable. Pengguna nanti akan diminta membuat enam digit PIN. Jangan lupa tambahkan alamat email untuk reset PIN jika kamu lupa nomornya.

4. Pakai Keamanan Password pihak Ketiga 

Meski sudah mengaktifkan fitur keamananverifikasi dua langkah, bisa juga menambahkan aplikasi pihak ketiga untuk mengamankan akun WhatsApp.

5. Atur privasi di WhatsApp 

Pengguna bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat kapan terakhir membuka WhatsApp atau 'Last Seen', foto profil, tentang, status, dan lokasi. Dapat juga mematikan tanda terima pesan centang biru.

6. Hindari Aplikasi yang tak Dikenal

Jangan mengunduh aplikasi yang nggak dikenal atau dari sumber nggak resmi. Selalu instal aplikasi resmi lalu periksa detail pengembang, peringkat, dan ulasan aplikasi apa pun sebelum menginstal.

Hal itu dilakukan untuk memastikan smartphone agar terhindar dari serangan malware atau phising yang bisa berdampak terhadap akun WhatsApp pengguna.

7. Jangan Lupa Log Out dari WhatsApp Web

Biasanya hal ini sering terlupa oleh banyak pengguna WhatsApp. Setelah menggunakan WhatsApp Web, pastikan untuk keluar atau log out via browser atau melalui smartphone yang terhubung.

Tentu berbahaya jika seseorang sampai mengakses akun WhatsApp kalian dari browser tanpa sepengetahuan kalian.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Puma X Sega RS-0 Sonic

Penggemar Sonic the Hedgehog akan menyukai sepatu suede biru bertekstur ini yang menampilkan warna d...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Persaingan Apparel Di Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 bukan hanya dipenuhi oleh persaingan antar negara untuk menjadi juara dunia, tapi j...

By: Timotius

Baca selengkapnya

Dua Lipa dan Playboi Carti Tampil Dalam Video 'Original Is N...

adidas Originals dengan bangga mengumumkan nama para creator yang akan tampil di video terbaru Origi...

By: Alfian Putra A.

Baca selengkapnya
Loading…