Entertainment Film & TV
The Florida Project Adalah Percikan Kebahagiaan Dalam Kemiskinan

By Haetam Attamimy

Published on: 2018/02/09 13:17

Selama beberapa bulan terakhir yang menjadi musim penghargaan bergengsi untuk dunia film, nama The Florida Project menjadi salah satu yang paling sering muncul di beberapa nominasi. Lebih detailnya, peran Willem Dafoe sebagai seorang manajer motel menghiasi berbagai nominasi bergengsi seperti Academy Awards atau Golden Globes sebagai best supporting actor.

Peran Dafoe memang penting, namun The Florida Project punya kekuatan yang lebih besar dari sang aktor senior; film ini mengeksploitasi kemiskinan dengan sangat baik.

Menjadi breakthrough bagi kebanyakan pemerannya, termasuk pemeran utama Brooklynn Kimberly Prince yang memainkan Moonee dan Bria Vinaite yang berperan sebagai Halley, The Florida Project mengangkat tema kehidupan di motel kelas bawah yang berada di bawah bayang-bayang Disney World. Mungkin akurasi tentang kemiskinan di film ini akan lebih terasa bagi mereka yang memang berasal dari Amerika Serikat, namun justru disinilah The Florida Project menunjukkan statusnya sebagai film berkualitas.

Film ini diawali dengan tiga sahabat bernama Moonee, Scooty (Christopher Rivera), dan Dicky (Aiden Malik) yang meludahi mobil milik penghuni motel tetangga mereka. Scene ini cukup sederhana, namun bisa langsung membuat penonton menangkap tema kemiskinan era modern yang akan menjadi background film ini hingga akhir. Hal ini juga disempurnakan dengan penggunaan warna-warna norak yang menghiasi kebanyakan bangunan di sekitar area miskin tersebut. Adanya konflik dan perpisahan juga menjadi titik pertemuan Moonee dengan Jancey (Valeria Cotto), yang kemudian menjadi sahabat dekat dengan chemistry yang diseimbangkan dengan kepolosan anak-anak.

Pusat cerita dari The Florida Project adalah kehidupan Moonee dan ibunya Halley yang berjuang sebagai seorang single parent dalam kehidupan miskin. Jelas, hal ini membuat Halley rela melakukan apa saja untuk membuat mereka berdua tetap hidup. Hakikatnya, tema dalam The Florida Project memang cukup depressing dan film ini dihiasi dengan beberapa adegan yang cukup menyayat hati, namun The Florida Project juga banyak mengandung adegan hangat yang membuat tersenyum atau bahkan tertawa berkat peran Sean Baker sebagai sutradara dan penulis karena kecakapannya dalam mengemas kemiskinan dan kepolosan anak kecil menjadi sesuatu yang menghibur.

Berbicara tentang peran Dafoe dalam film ini pun akan mengundang percakapan yang panjang. Sosok Bobby yang dimainkan Dafoe sebagai manajer motel Magic Castle yang tegas namun secara keseluruhan perhatian dan penyayang menjadi faktor yang sangat positif bagi The Florida Project. Tidak akan mengejutkan jika ia akan mungkin mengalahkan kandidat Best Supporting Actor seperti Woody Harrelson atau Christopher Plummer dalam ajang penghargaan bergengsi The Academy Awards.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Gelaran Musik Hutan LaLaLa Festival Hadir Kembali Tahun Ini

LaLaLa Festival kembali dengan lokasi baru dan headliners mancanegara yang semakin menarik.

By: Alfian Putra A.

Baca selengkapnya

Super Mario Odyssey Laku Keras di Pasaran

Super Mario Odyssey meraup untung besar setelah dijual sebanyak 2 juta unit hanya dalam waktu tiga h...

By: Haetam Attamimy

Baca selengkapnya

Do's & Dont's to Sensation Jakarta 2018

Sensation Jakarta 2018 sudah sangat dekat, berikut Do's & Don'ts yang harus diperhatikan!

By: Kevin

Baca selengkapnya
Loading…