Lifestyle Gadget
Tak Perlu Listrik, Xiaomi Desain Smartphone Dengan Panel Surya

By Gilang Ramadhan

Published on: 2019/08/06 18:05

xiaomi-patenkan-desain-hape-dengan-panel-surya

Inovasi paling baru ini datang dari Xiaomi yang di mana mereka mematenkan sebuah desain ponsel misterius. Desain ponsel itu sangat unik karena memiliki panel surya dibagian punggungnya, dan tentu saja. Ponsel ini pasti akan menggunakan cahaya matahari.

Hal itu terungkap dari paten yang didaftarkan Xiaomi. Ada sebanyak tujuh sketsa yang menampilkan rancangan smartphone bertenaga surya secara keseluruhan. Mulai dari tampak depan, samping hingga belakang.

Pada bagian depan menampilkan layarnya penuh dan tidak terlihat kamera depan pada smartphone tersebut. Ini juga tidak menunjukkan mekanisme kamera pop-up, notch, atau lubang punch. Sementara di bagian belakang menampilkan paten surya, dan terdapat kamera ganda yang diposisikan secara vertikal dengan LED flash di antara sensor. 

Panel surya tersebut diklaim akan mampu menyimpan energi yang cukup untuk memungkinkan baterai pada perangkat bisa mengisi sendiri saat diperlukan. Sayangnya belum terdapat informasi berapa besar daya yang bisa ditangkap dan disimpan panel surya tersebut. Tampaknya kita masih harus sabar menunggu untuk melihat apakah Xiaomi akan benar-benar menggarap smartphone ini, mengingat baru hanya berupa bocoran paten saja sekarang.

xiaomi-ketahuan-punya-paten-smartphone-panel-surya-suPHIipR4F

Di bagian belakang juga sudah tidak terlihat lagi adanya sensor sidik jari.
Artinya hape ini akan menggunakan in-display fingerprint yang saat ini sudah makin banyak diadaptasi oleh beragam merek hape.

Tentunya ide hape dengan tenaga surya ini bisa jadi terobosan yang sangat menarik. Jika mengingat pada tahun 2010 lalu LG sempat membuat desain hape serupa. Tetapi teknologinya masih kurang maksimal hanya mendapatkan 2 menit setelah melakukan pengisian daya selama 10 menit.

Karena secara logika kan panel surya akan menyerap energi panas dari matahari. Lalu, bagaimana cara Xiaomi menjaga suhu smartphone ini?

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Penonton Dilarang Hadiri Penyalaan Obor Tokyo Olympics 2020

Di tengah kecemasan wabah virus corona sebagai global pandemic, Hellenic Olympic Committee larang pe...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Yeezy 500, Persembahan Terbaru Adidas dan Kanye West

Setelah sukses besar dengan Yeezy 750, Yeezy 350, Yeezy Boost 700 dan Yeezy Powerphase, Adidas akan ...

By: Timotius

Baca selengkapnya

7 Tips Traveling Anti Ribet yang Bikin Liburan Nyaman

Saat liburan, ada saja situasi yang bikin tidak nyaman. Lupa tempat parkir atau perhiasan aksesoris ...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…