Aplikasi untuk warga Jakarta
Lifestyle Life Hacks
Survival Pack: 7 Aplikasi Wajib Jakartans

By Reza Reinaldo

Published on: 2018/07/04 18:14

Ada Jakarta Hari Ini.
Aplikasi untuk warga Jakarta

Berstatus sebagai ibu kota, Jakarta menjadi kota impian dalam mengejar mimpi, pendidikan, lingkup sosial, dan karier. Ada istilah yang mengatakan bahwa ibu kota lebih kejam dari ibu tiri, istilah ini mungkin disetujui oleh beberapa orang, namun belum tentu bagi para pejuang yang berhasil mengikuti tempo kehidupan kota bersimbol Monas ini.

 

Di dalam era teknologi dan internet yang memudahkan hampir semua aspek dalam kehidupan seperti transpotasi, pesan-antar makanan, pengiriman barang, memanggil tukang pijat online, mengisi pulsa, sampai mencuci baju, yang kini dapat dioperasikan dari ponsel, adalah bukti bahwa gak mau repot praktis dijunjung tinggi oleh Jakartans.

 

Jakarta dan era teknologi merupakan sebuah orkestra dengan aransemen baru. Kehidupan yang serba praktis tidak terjadi dalam semalam. Proses adaptasi ini berjalan perlahan namun pasti, dan istilah gaptek (gagap teknologi) sedikit demi sedikit lepas dari sebagian besar penduduk Jakarta. Hal ini membuat para pengembang berlomba-lomba merancang aplikasi yang ditujukan untuk mempermudah kehidupan masyarakat.

 

Jika Jakarta adalah arena bertarung, maka ponsel dan aplikasi-aplikasimu adalah senjata agar kamu bisa selamat dari sana. Berikut aplikasi-aplikasi wajib untuk para Jakartans:

1. GO-JEK
Aplikasi untuk warga Jakarta

Sumber gambar: Gojek

Transportasi pernah menjadi masalah paling utama yang dialami Jakarta. Konsep dan mekanisme yang konvensional belum cukup menunjang hal-hal yang diperlukan masyarakat. Aplikasi GO-JEK tentu sudah tidak asing lagi saat ini, selain menjadi aplikasi transportasi diri, makanan, atau barang, GO-JEK menjelma menjadi fitur transaksi baru dengan GO-PAY yang kini sudah teraplikasi ke beberapa merchant, contohnya Farmers Market. Sistem Cashless yang kini sudah diterapkan oleh beberapa penduduk Jakarta tentunya membuat GO-PAY bakal terus melebarkan merchantnya untuk memudahkan segala jenis transaksi.

2. Waze
Aplikasi untuk warga Jakarta

Sumber gambar: Coolkas

Diakusisi oleh Google dengan nilai 1,3 milliar dollar AS atau sekitar Rp17,6 triliun pada tahun 2013, Waze merupakan aplikasi penunjuk jalan sama seperti Google Maps. Perbedaannya, Waze merupakan aplikasi penunjuk jalan berbasis media sosial, sehingga sesama pengguna Waze dapat memberikan informasi seputar lalu lintas lewat aplikasi. Waze menjadi aplikasi penting bagi para Jakartans, terutama bagi kamu yang sulit menghapal jalan atau yang sering bepergian menggunakan kendaraan pribadi. Selain mencari jalan alternatif dan yang tercepat, Waze juga menginformasikan soal razia polisi dan jalanan satu arah yang berubah-ubah dalam jam-jam tertentu. Waze juga terkoneksi dengan Spotify untuk kamu yang ingin mendengarkan lagu sambil memerhatikan peta, tapi untuk yang satu ini pastikan kamu berposisi sebagai penumpang, yah!

 

3. Spotify
Aplikasi untuk warga Jakarta

Sumber gambar: The Motley Fool

Era 4shared dan indowebster berakhir sebagai tempat mencari musik. Mendengarkan musik adalah aktivitas yang bisa kamu lakukan di waktu senggang maupun sebagai teman saat bekerja. Menyimpan lagu di dalam ponsel kini sudah tidak terlalu tren ketika storage yang disediakan rasanya lebih rela diisi dengan file-file lain seperti foto atau aplikasi. Youtube barangkali bisa menjadi pilihan, namun jika perhatianmu hanya pada suara alih-alih gambar, menggunakan Youtube akan lebih menguras kuota. Di sinilah Spotify menawarkan kepraktisan dalam mendengarkan musik. Selain up to date, Spotify juga memiliki kelengkapan fitur-fitur yang diperlukan oleh pendengar musik serta tampilan yang user friendly. Untuk menikmati Spotify secara keseluruhan, kamu dapat mengakses Premium Account dengan merogoh kocek. Namun, Spotify sering mengadakan diskon dan kamu berkesempatan berlangganan Premium Account dengan harga yang jauh dari harga normal.

4. KRL Access
Aplikasi untuk warga Jakarta

Sumber gambar: Kaori Nusantara

Aplikasi yang satu ini ditujukan bagi kamu para pejuang commuter line. Transportasi kereta kini menjadi lebih menjanjikan ketika armada dan infrastruktur yang terus ditingkatkan. Aplikasi KRL Access diluncurkan oleh KAI Commuter Jabodetabek dan bisa diyakini informasi yang tercantum merupakan yang terbaru dari segi jam kedatangan dan keberangkatan. Dengan memiliki aplikasi KRL Access kamu dapat memperkirakan waktu lebih terperinci dan lebih fleksibal dalam menghindari jam-jam penuh sesak.

5. LINE
Aplikasi untuk warga Jakarta

Sumber gambar: Dailysocial 

Selain sebagai aplikasi komunikasi yang digemari anak muda masa kini karena fitur sticker yang terus diupdate, LINE berkembang menjadi lini berita, games, dan tempatnya promo. Banyak official account dari berbagai macam produk, terutama restaurant atau coffee shop semisal Burger King atau Starbucks, membuat aplikasi ini patut ada di ponsel bagi kamu pemburu promo.

6. Webtoon
Aplikasi untuk warga Jakarta

Sumber gambar: Kaori Nusantara

Selain musik, membaca komik menjadi salah satu hiburan warga Jakarta ketika sedang dalam perjalanan atau waktu luang. Webtoon yang masih terintegrasi dengan Line merupakan komik daring yang diisi oleh kreator-kreator dari seluruh dunia. Diisi dengan berbagai macam genre, membaca komik dari aplikasi ini dapat membuatmu melepaskan diri sejenak dari penatnya Jakarta.

7. Uangku - My Money Management
Aplikasi untuk warga Jakarta

Sumber gambar: id.techniasia 

Salah satu kunci untuk bertahan hidup di Jakarta adalah dengan tidak menuruti gengsi dan mengatur keuangan. Uangku merupakan aplikasi finansial yang bisa kamu manfaatkan untuk menganalisa pemasukan dan pengeluaran. Kombinasi antara fitur, fungsi, dan user interface membuat pengalaman mengatur uang kini menjadi menyenangkan.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Cara menghindari Instagram yang tidak sengaja tap 'Like' saa...

Menguntit Social Media mungkin menyeramkan dan membuang-buang waktu, tetapi kebanyakan dari kita mas...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

KY-01L Ponsel Tipis Seukuran Kartu Kredit

Kyocera pabrikan elektronik bekerjasama dengan NTT Docomo, baru saja mengumumkan pesaing baru untuk ...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Antara Spanyol, Maroko, dan VAR

Spanyol lolos ke 16 besar, Maroko memenangkan hati pencinta sepak bola.

By: Reza Reinaldo

Baca selengkapnya
Loading…