Sering Minum Boba? Ketahui Bahaya Gula Minuman Yang Satu Ini

By Gilang Ramadhan

Published on: 2019/11/04 15:58

boba-beer-FT-BLOG0719

Boba, Bola-bola kecil yang sering menjadi isian minuman bubble tea ini memang sedang hits khususnya di kalangan anak muda. Bahkan di beberapa gerai tertentu, orang rela antri lama untuk mendapatkan minuman boba ini.
Walaupun bahan dasarnya teh dan susu yang sebenarnya sehat, tapi ternyata boba mengandung kandungan gula yang tinggi sehingga membuat minuman  ini menyimpan bahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Tidak cuma gula, minuman boba juga biasanya mengandung creamer non-susu yang merupakan pengganti susu. Nah, creamer tersebut mengandung lemak trans yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan juga stroke.

Belum lama ini Rumah Sakit Mount Alvernia di Singapura, menerbitkan artikel yang membandingkan kadar gula dan kalori dari berbagai jenis minuman yang populer. Seperti brown sugar milk tea with pearls, jasmine green tea with fruits,  beberapa minuman lainnya.

Hasilnya, jenis bubble tea yang mengandung gula terbanyak adalah boba, alias brown sugar milk tea. Dalam segelas minuman ini terkandung 18.5 sendok teh gula. Sementara, di urutan kedua dalah winter melon tea dengan kandungan gula 16 sendok teh.

Padahal, dalam mengonsumsi gula untuk remaja sendiri, dianjurkan tidak lebih dari 5 sendok teh dalam sehari. Jangka panjangnya, terlalu banyak mengonsumsi gula bisa memicu berbagai penyakit seperti diabetes, obesitas, hingga kanker.

Nah, biar terhindar dari penyakit tersebut, sebaiknya mulai mengurangi asupan gula. Kita bisa membiasakan dengan memilih ukuran gelas yang lebih kecil. Selain itu, kita bisa minta untuk mengganti non-dairy creamer dengan susu segar atau skimmed milk.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Tempat Nongkrong Terbaru di Bulan November 2019

Cek tempat nongkrong di November 2019, untuk rasa yang berbeda. Dari pilihan sehat sederhana dan tid...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Gusto Lounge Epicentrum

Gusto telah rebranding konsep mereka pada tahun ini 2018, berlokasi di pusat perkantoran Kuningan Ep...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Ayam Geprek Gepruk! Mempersembahkan Sapi Geprek Nasi Gurih.

Nasi Gurih sapi Geprek Gepruk ini dijual dengan harga terjangkau dan di kemas dengan kemasan yang sa...

By: Alif Meidya Putra

Baca selengkapnya
Loading…