Lifestyle Gadget
Samsung Resmi Umumkan Samsung.com Shop, Pengalaman Belanja Baru

By Gilang Ramadhan

Published on: 2019/01/17 18:48

samsung_shop_2_news

Samsung Electronics Indonesia secara resmi mengumumkan Samsung.com Shop yang merupakan platform belanja online produk gadget dan elektronik besutannya. Telah tersedia sejak 9 Januari 2019, Samsung.com Shop menjanjikan pengalaman lebih dari sekadar belanja baik bagi pengguna maupun calon pengguna produk Samsung. Sebab, di dalamnya tidak hanya menyediakan informasi produk yang lengkap dan akurat tetapi juga beragam konten kreatif seperti traveling, olahraga, memasak, serta hiburan sebagai inspirasi.

 

Samsung.com Shop merupakan upaya Samsung memanfaatkan situs web Samsung.com yang telah lama ada dan memiliki pengunjung yang besar. “Ada lebih dari 60 juta unique visitor yang mengakses Samsung.com. Dan pertumbuhan mencapai lebih dari 12 persen setiap tahunnya,” ungkat Elvira Jakub, Corporate Marketing Director Samsung Electronics Indonesia. Menurut Elvira, hal itu berarti konsumen yang ingin mengetahui informasi lebih banyak tentang produk di platform online kian meningkat.

 

Data internal Samsung mengungkapkan bahwa rata-rata para pengguna mengunjungi Samsung.com sebanyak dua kali dan 85 persen pengunjung akan kembali mengunjungi Samsung.com dalam rentang waktu 1 bulan. Kunjungan berulang tersebut diartikan Samsung sebagai upaya konsumen mencari informasi sebelum melakukan pembelian produk. Tapi kunjungan tidak berhenti di situ karena pengunjung yang telah membeli atau memiliki produk Samsung pun kembali mengunjungi Samsung.com untuk mendapatkan tambahan informasi. Dari segi demografi, 50 persen pengunjung Samsung.com berasal dari wilayah Jakarta.

 

Di sisi perangkat, sebanyak 49 persen pengunjung menggunakan perangkat Samsung, sedangkan 42 persen di antaranya merupakan pengguna perangkat non-Samsung. “Artinya prioritas kita tidak hanya para pengguna perangkat Samsung, tetapi juga orang yang tertarik menggunakan produk Samsung. Sehingga informasinya harus benar-benar untuk orang yang sedang berniat membeli produk Samsung,” ungkap Elvira. Elvira menambahkan bahwa ada dua hal yang paling banyak dicari pengunjung Samsung.com yakni informasi tentang informasi produk beserta keunggulannya dan penawaran terbaru yang ditawarkan oleh Samsung. 

 

Berdasarkan data-data pengunjung situs web Samsung.com tersebut akhirnya Samsung Electronics Indonesia memutuskan untuk menghadirkan Samsung.com Shop di awal tahun ini. Samsung.com Shop berupaya memberikan alternatif lain berbelanja offline dengan menyediakan kanal berbelanja online yang menawarkan pengalaman berbeda. Samsung cukup percaya diri karena menurut data internal, bisnis online Samsung dikategori smartphone terus bertumbuh hingga 62 persen di 2018 dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan meraup pangsa pasar 60 persen. “Potensi pasarnya jauh lebih besar karena diperkirakan penjualan ecommerce di Indonesia akan mencapai US$14,4 miliar di 2022 atau meningkat US$5,78 miliar dibandingkan dengan US$8,62 miliar di 2016,” ungkap Sintara Nyotowijoyo, Online Business Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

 

samsung_shop_news

Sintara menambahkan bahwa Samsung.com Shop akan menyediakan seluruh lini produk Samsung, tapi untuk tahap awal akan dimulai dengan produk smartphone dan aksesoris. “Ke depan dalam waktu dekat kita akan melengkapi dengan keseluruhan produk Samsung,” ungkap Sintara. Samsung.com Shop tidak hanya sekadar memudahkan konsumen berbelanja tapi juga memberikan pengalaman lebih, terutama saat dalam proses pencarian. “Kami akan berikan banyak sekali tips-tips dari KOL, dari reviewer, mengenai aspek dari hobby maupun gaya hidup konsumen,” kata Sintara. Beragam konten relevan dengan konsumen pun tersedia mulai dari traveling, memasak, olahraga, dan hiburan seperti musik dan game sebagai inspirasi penggunaan produk sesuai gaya hidup masa kini.

 

Daya tarik lainnya ketika berbelanja di Samsung.com Shop adalah bebas biaya pengiriman ke seluruh Indonesia khusus untuk pembelian perangkat mobile Samsung. Layanan gratis pengiriman tersebut juga termasuk gratis asuransi sehingga barang pesanan terlindungi. Selain itu, Samsung juga memberikan sistem yang mudah diakses oleh konsumen untuk melacak status pengirim produk. Penawaran lainnya termasuk, kerjasama dengan berbagai bank ternama untuk cicilan 0%.

 

Untuk peluncuran pertama, Samsung telah memanjakan konsumen Indonesia dengan berbagai promo, yaitu untuk pembelian Galaxy A7 memori 128 GB mendapatkan bluetooth headset Samsung Level U Pro dan untuk bulan Januari Samsung.com Shop akan memberikan promo Pay Day mulai tanggal 25 Januari dengan berbagai penawaran menarik.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Dope & Dapper Merilis Koleksi-Koleksi Unik di Jakarta Sneake...

Dope & Dapper hadir kembali di Jakarta Sneaker Day (JSD) 2019 pada tanggal 7 sampai 9 Februari 2019 ...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

adidas & BAPE Merilis Koleksi UltraBOOST Edisi Terbatas

Kolaborasi ‘Trail-Blazing’ yang menampilkan titik temu pada ‘Streetwear Culture’

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Asia IoT Business Platform: Menggali Potensi Bisnis Berbasis...

Ada peluang besar dalam penyebarluasan manfaat IoT bagi proses bisnis di Indonesia, sebab ada banyak...

By: Reza Reinaldo

Baca selengkapnya
Loading…