Eat & Drink Food
Porridge Day: 10 Bubur Khas Indonesia

By Gilang Ramadhan

Published on: 2021/10/10 12:26

Hari ini 10 Oktober 2018 adalah hari bubur sedunia dengan istilah Porridge Day, nah untuk kali ini HangOut Indo akan ngasih tau bubur khas Indonesia, yang harus kalian tau dan rasanya sangat beragam.

 

Bubur Ayam

Bubur ini bisa dijumpai di seluruh pelosok negeri. Bahkan, di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dan lainnya, bubur ayam sudah banyak dijual di pinggir jalan. Biasanya jadi menu sarapan yang paling favorit.

 

Bubur Sumsum

Terbuat dari tepung beras, masih belum diketahui asal dari bubur sumsum ini dari Indonesia bagian mana. Salah satu yang terkenal adalah bubur sumsum khas Madura, Jawa Timur. Bubur sumsum biasa disajikan dengan air gula merah.

 

Bubur Sagu

Berasal dari Ambon, bubur ini terbuat dari sagu yang telah direndam, kemudian direbus. Biasanya disajikan dengan kuah santan dan talas kukus.

 

Bubur Ketan Hitam

Terbuat dari beras ketan hitam, cara pembuatannya sederhana. Tinggal direbus di dalam air gula, kemudian disajikan dengan santan.

 

Bubur Candil

Menggunakan bahan dasar ketela dan tepung tapioka, bubur ini cocok disantap saat buka puasa. Asalnya dari Pulau Jawa. Rasanya manis bisa bikin energimu pulih setelah lelah beraktivitas atau berpuasa seharian.

 

​Bubur Baro-Baro

Umumnya, bubur ini digunakan sebagai tanda kelahiran seorang anak. Cara pembuatannya pun mudah, cukup beras ketan yang direbus bersama dengan daun pandan. Kamu bisa menyajikannya dengan gula merah.

 

Bubur Jali-Jali

Berasal dari salah satu jenis padi, bubur jali-jali ini dikenal bagus untuk pencernaan. Tesksturnya kenyal sekaligus manis. Bikin pengin nambah lagi dan lagi.

 

Bubur Manado

Merupakan bubur yang gurih, bubur manado ini memiliki cukup banyak campuran. Mulai dari jagung manis, kemangi, bayam, labu, dan aneka bumbu, sekaligus ditambah toppinglainnya.

 

Bubur Mutiara

Bubur manis satu ini sudah sering kita temui di pasar tradisional. Selain itu juga sering dimasak oleh ibu-ibu, terutama saat Ramadan. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal lembut membuat buka puasa jadi semakin istimewa.

 

​Bubur Kacang Ijo

Kacang hijau memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari melancarkan aliran darah sampai bagus untuk nutrisi ibu hamil. Tentu saja, jika dimakan dengan tidak menggunakan santan, ya.

 

Dari 10 Bubur diatas mana nih yang menjadi favorit kalian?

 

Source : IDN Times
Foto: Google Images

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Dunkin Donuts Ubah Nama Brand

Dunkin' Donuts mengubah nama dengan menghilangkan Donuts pada brand mereka.

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Mott 32 at Marina Bay Sands

Marina Bay Sands, Singapura siap membuka babak baru dengan menghadirkan restoran Cina kontemporer as...

By: Vinny Vindiani

Baca selengkapnya

Menikmati Suasana Hangout di Cafe Del Mar Bali

Café del Mar di Bali menyajikan pengalaman makan yang berjarak hanya beberapa langkah dari lautan.

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…