Eat & Drink Pubs & Clubs
Panther Black: Bir Hitam Terbaru dengan 4 Jenis Malt

By Gilang Ramadhan

Published on: 2018/12/20 21:42

DSC00421

Bali Hai Brewery Indonesia (BHBI) telah memperkenalkan bir terbaru, yaitu Panther Black Beer. Bir tersebut adalah bir hitam dengan varian 4 jenis malt. Diperkenalkan pada 4 Desember 2018 di Hard Rock Cafe Jakarta juga memperingati 43 tahun  Bali Hai Brewery Indonesia (BHBI).

Dengan menggunakan 4 malt tentu bir ini memiliki kekayaan cita rasa yang nikmat, kandungan alkohol sebesar 4,9% Bali Hai Brewery Indonesia selalu berinovasi demi memuaskan hasrat para pencinta bir dengan slogan The Dark Pleasure, bir berjenis Munich Dunkel Lager menjadi satu-satunya yang sangat harus kalian nikmati.

DSC00431

Harus kalian ketahui bahwa Panther Black Beer ini terinspirasi band asal Australia yaitu AC/DC. Yang di nyatakan oleh Erwin Ruffin, Marketing Manager, Bali Hai Brewery Indonesia.

DSC00407

“Dengan bangga, pada hari ini Bali Hai Brewery Indonesia mempersembahkan satu inovasi terbaru kami, yaitu Panther Black – satu-satunya bir hitam Indonesia yang diracik dengan menggunakan 4 jenis malt. Panther Black menjadi jawaban bagi para pecinta bir nusantara akan bir hitam yang lebih berani, memiliki identitas yang kuat tapi tetap kaya akan cita rasa,” ujar Erwin Ruffin, Marketing Manager, Bali Hai Brewery Indonesia.

Dalam meracik Panther Black, BHBI menggunakan empat malt terbaik kelas A yang didatangkan dari Eropa yaitu Chateau Chocolate, Crystal, Munich, dan Pilsen Malt. Dengan komposisi 4 jenis malt ini,  Panther Black sarat akan sensasi rasa coklat, karamel, toffee dan nuts.

DSC00397

Chateau Chocolate malt adalah Belgian malt yang dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi yaitu 220oC. Pemanasan ini bertujuan agar malt dapat berubah warna menjadi coklat gelap. Malt ini yang membuat warna Panther Black menjadi gelap sekaligus membawa cita rasa cokelat dan nuts.

Crystal malt adalah malt yang banyak sering digunakan dalam beer brewing, dari bir pale ales hingga porters. Malt inilah yang memberikan caramel tone pada Panther Black.

DSC00393

Munich Malt adalah salah satu base malt tertua dalam dunia bir – pertama kali diproduksi pada tahun 1830an.

Pilsen Malt adalah base malt juga yang warnanya sangat muda dan banyak dijumpai pada bir Jerman dan Cekoslovakia.

Dalam produksinya, proses peracikan Panther Black diawasi langsung oleh seorang Brewmaster yang bertanggung jawab mulai dari pengolahan malt, brewing, fermentasi, hingga saat Panther Black dikemas dan siap untuk didistribusikan.

DSC00437

Daniel To, Brewmaster, Bali Hai Brewery menjelaskan bahwa “Di Indonesia, bir hitam biasanya diracik dengan menggunakan 2 atau 3 malt saja, tetapi kami memutuskan untuk mendobrak kebiasaan hingga pada akhirnya terpilihlah 4 jenis malt tersebut.
Sebagai produsen bir yang berusaha untuk selalu berinovasi dan mengeksplorasi cita rasa bir, proses peracikan Panther Black menantang kami untuk menemukan racikan malt yang cukup rumit namun tetap cocok di lidah para konsumen Indonesia.

DSC00448

Indra7 seorang beer addict dan owner beergembira.com menjelaskan “Panther Black sangat unik karena bir ini memakai 4 jenis malt. Semakin banyak malt yang digunakan untuk meracik, semakin kaya rasa bir tersebut. Dengan aroma cokelat dan nutty, bir ini sendiri memiliki rasa manis karamel dan pahit khas bir hitam yang cukup seimbang. Cocok sekali diminum oleh mereka yang ingin mencari bir yang berada diantara spektrum stout atau lager,”
“Menikmati segelas bir dingin adalah bentuk sebuah apresiasi seni, bukan hanya sebatas bersenang-senang. Untuk dapat mengapresiasi seni dalam bir, ada cara khusus yang biasanya saya terapkan dengan melibatkan 4 indera, yaitu indera sentuhan, penglihatan, penciuman, dan perasa.

Panther Black Beer sudah bisa Anda dapatkan di outlet-outlet yang tersedia dan keberadaannya baru hanya di Pulau Jawa dan Bali. 

Foto Thumbail: Dok. Bali Hai Brewery Indonesia
Foto Artikel: Dok. HangOut Indo
Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Luigi Hot Pizza Canggu, Bali

Luigi's Hot Pizza akan lebih sederhana daripada Da Maria, saya tidak menyangka itu akan sesederhana ...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Menikmati Strongbow Apple Cider Minuman Pengganti Bir

Apple Cider bukan cuka apel yang biasa digunakan untuk memasak atau mengolah makanan, melainkan minu...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

10 Tempat Makan Indomie Yang Laris di Jakarta

Ini 10 pilihan warung Indomie paling laris di Jakarta.

By: Hangout Indo

Baca selengkapnya
Loading…