Musim Hujan, Sebaiknya Hindari Konsumsi Jenis Makanan Ini

By Gilang Ramadhan

Published on: 2019/11/11 17:55

Setelah berbulan-bulan kemarin cuaca terik banget, panas matahari menyengat, akhirnya sekarang di beberapa bagian wilayah Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan.

Walaupun begitu, kita harus tetap berhati-hati nih. Soalnya, saat musim hujan biasanya bakteri serta virus lebih mudah berkembang. Sehingga, tubuh kita jadi rentan terkena penyakit seperti diare, flu, atau diare. Tidak cuma itu, Ahli Gizi Dr. Simran Saini juga mengatakan musim hujan bisa membuat kita rentan mengalami infeksi.

Untuk itu kesehatan kita perlu dijaga. Salah satu caranya yaitu dengan mengatur asupan makanan. Ternyata, tidak semua makanan bisa dikonsumsi saat musim hujan.
Ini dia 5 jenis makanan yang sebaiknya kita hindari selama musim hujan agar badan kita tetap sehat.

1. Seafood
gambaro-seafood-platter
Musim hujan merupakan waktu di mana sejumlah hewan laut berkembang biak, khususnya udan dan ikan. Nah, apabila kita mengkonsumsi seafood saat musim hujan seperti ini, dapat dipastikan seafood tersebut kurang segar.
Nah, mengonsumsi seafood yang kurang segar bisa mengganggu metabolisme tubuh kita. Jadi, sebaiknya kita memilih bahan makanan berupa daging seperti daging ayam, sapi, atau kambing.

Kalau pun ingin makan seafood, pastikan benar-benar seafood tersebut segar, dan masak dengan sebaik-baiknya.

2. Sayuran Hijau
Sayuran-hijau-1024x819
Sayuran yang berdaun hijau memang baik bagi kesehatan. Tapi, kalau untuk musim hujan ini, sebaiknya dihindari deh. Karena, biasanya sayuran hijau mengandung kotoran dan kelembaban tinggi. Hal tersebut bisa mengundang banyak bakteri.

Jadi, kita dianjurkan untuk menghindari sayuran seperti kubis, bayam, atau kembang kol. Lebih baik, kita pilih sayuran yang memiliki rasa yang tajam seperti labu. Jangan lupa pastikan juga sayuran yang bakal dikonsumsi sudah dicuci dengan bersih dan dimasak dengan baik.

3. Gorengan
5 CARA MUDAH MEMBUAT GORENGAN YANG RENYAH
Makanan yang digoreng juga harus kita hindari selama musim hujan. Soalnya, suhu lingkungan yang dingin membuat proses pencernaan kita jadi lambat. Sementara, makanan yang digoreng memiliki tekstur yang keras yang lebih susah dicerna oleh lambung.

Nah, hal itu bisa mendatangkan komplikasi pada pencernaan kita. Tidak cuma itu, gorenga juga mengandung garam tinggi yang bisa menyebabkan retensi air.

4. Minuman Bersoda
soda-093715cd0b705601e8ffc90acb0b718a
Tidak cuma makanan. Kita juga harus mengindari minuman yang bersoda. Menurut Dr. Simran Saini, pada musim hujan perut kita cenderung jadi lebih sensitif. Dengan minum minuman bersoda, mineral dalam tubuh kita bakal berkurang, yang menyebabkan pengurangan aktivitas enzim.

Kita disarankan untuk lebih banyak meminum air putih atau minumam hangat seperti jahe, ataupun susu. Minuman-minuman tersebut lebih bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan kita.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

7 Bahaya Tidur setelah makan sahur

Buat yang mau mengalah pada keadaan, siap-siap terkena dampak bahayanya, antara lain perut akan jadi...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Sering Minum Boba? Ketahui Bahaya Gula Minuman Yang Satu Ini

Hindari dari penyakit yang sering minum boba tersebut, sebaiknya mulai mengurangi asupan gula.

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Tempat Nongkrong Malam Tahun Baru di Jakarta

HangOut Indo sudah persiapkan 10 rekomendasi tempat nongkrong di Jakarta yang hits dan cocok untuk m...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…