Musikologi 2019 Berakhir Hujan Deras, Ngaret dan Rusuh!

By Gilang Ramadhan

Published on: 2019/12/02 18:12

muskologis
Festival musik bertajuk Muskologi 2019 yang digelar akhir pekan kemarin di Plaza Timur Senayan, Jakarta berlangsung ricuh. Sejumlah musisi seperti Fourtwnty dan Feel Koplo batal tampil dan Reaksi kekesalan tak hanya diluapkan kemarin Sabtu (30/12/2019), mereka juga menyerang penyelenggara di media sosial. Meluruskan kabar yang semakin riuh, Musikologi akhirnya angkat suara mengenai kejadian tersebut melalui media sosial.Penyelenggara membenarkan terjadinya kerusuhan di akhir acara Muskologi 2019, tepatnya di panggung Merah. Kericuhan dipicu dengan panggung mati secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan.

"Hal yang menyebabkan terjadinya kerusuhan adalah panggung yang tiba-tiba mati tanpa pemberitahuan. Sebelumnya, di panggung putih Fourtwnty pun gagal naik ke atas panggung sebab rangkaian acara di panggung putih 'molor' satu jam karena sempat break sekitar pukul 18.00-18.30 disebabkan hujan yg sangat lebat dan ada genangan air di bawah panggung," tulisnya seperti dikutip dari akun @musikologi_ Senin (2/12/2019).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

--- Selamat malam. Mohon maaf baru mengeluarkan klarifikasi, sebab kami harus mengumpulkan data menenangkan diri, dan harus memastikan keselamatan rekan-rekan panitia yang diburu oleh oknum penonton. . Kami membenarkan terjadi kerusuhan di akhir acara Musikologi 2019 (Panggung Merah). . Hal yang menyebabkan terjadinya kerusuhan adalah panggung yang tiba-tiba mati tanpa pemberitahuan. Sebelumnya di panggung putih fourtwnty pun gagal naik ke atas panggung sebab rangkaian acara di panggung putih 'molor' satu jam karena sempat break sekitar pukul 18.00-18.30 disebabkan hujan yg sangat lebat dan ada genangan air di bawah panggung. . Hal lain yang menyebabkan batalnya Fourtwnty main adalah kedatangan salah satu artis yang disebabkan padatnya komplek senayan karena berlangsung lebih dari 3 acara besar pada hari itu sehingga kami tak bisa mebooking area parkir untuk artis. . Batalnya Fourtwnty main juga karena seluruh crew harus berangkat ke Bali pada dini hari, sementara acara di panggung putih akan selesai 00.30, kami sudah menawarkan untuk mengganti jadwal penerbangan tapi menurut manager Fourtwnty tak bisa sebab jadwal di Bali padat sehingga tak memungkinkan. . Kami tak membenarkan bahwa panggung rubuh sebab sedari awal bentuk panggung memang sudah segitiga. . Lain halnya dengan panggung putih. Panggung merah 'molor' 90menit. Panggung merah yang lebih tinggi dari panggung putih tak terlalu berpengaruh dengan hujan hingga saat hujan pun acara tetap berjalan. . 'Molor'nya panggung merah disebabkan salah satu sound engineer band pembuka (Jonkoppings. Untuk pembanding silahkan lihat alasan mendetail mereka) yg menyebabkan beberapa data soundcheck artis (The Panturas, The Sigit, Seringai, Feel Koplo) hilang dan harus soundcheck ulang sebelum naik panggung dengan waktu terbatas. . Acara mulai tidak kondusif saat kedua kalinya hujan turun dengan sangat kencang dan membuat kewalahan panitia menahan pagar BRC agar tidak rubuh oleh hujan angin. --- (1/3)

A post shared by MUSIKOLOGI 2019 (@musikologi_) on


Selain kendala tersebut, ada hal lain yang membuat penampilan Fourtwnty batal. Membeludaknya penonton membuat artis yang datang terjebak di kerumunan komplek Senayan.

"Hal lain yang menyebabkan batalnya Fourtwnty main adalah kedatangan salah satu artis yang disebabkan padatnya komplek senayan karena berlangsung lebih dari 3 acara besar pada hari itu sehingga kami tak bisa mebooking area parkir untuk artis," tulisnya.

Dalam unggahan di akun Instagram resminya, penyelenggara menjelaskan seperti apa kondisi tersebut dan kenapa beberap band batal tampil. Mereka juga menyadari akan keterlambatan yang berpengaruh pada susunan rundown.Sebelumnya, Fourtwnty juga memberikan klarifikasi mengenai batalnya penampilan mereka di acara Musikologi 2019. Melalui akun media sosialnya, @Fourtwntymusic mengatakan bahwa ketidakpastian jam untuk naik ke atas panggung serta harus mengejar jadwal di kota lain yang telah menunggu membuat mereka harus membatalkan penampilan.

EKpWN7fVUAAA_LF
Semua tim sudah berkumpul di backstage dari jam 20.00, mendapatkan info ada perubahan jadwal perform dari jam 21.40 WIB menjadi 22.00 WIB. Sampai ada beberapa kali diskusi bersama kalau acaranya mundur lagi, waktu perform menjadi 22.30 WIB dan kemudian mundur lagi ke jam 23.00 WIB," tulis akun @foutwntymusic.

Fourtwnty meminta maaf kepada semua penggemarnya yang telah hadir namun tak bisa menyaksikan penampilan band yang terkenal dengan single Fana Merah Jambu. Mereka sempat berharap bisa membawakan beberapa lagu, namun ternyata waktu tak memungkinkan karena harus berada di kota lain keesokan harinya.

Kami mohon maaf untuk semua teman-teman yang sudah hadir di Musikologi sampai hujan-hujanan, dan terima kasih atas pengertiannya dari situasi dan kondisi yang ada. Sampai bertemu di lain kesempatan," tulisnya.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Jakarta Rock Space Siap Guncang Ibukota Dengan Menampilkan L...

Jakarta Rock Space Siap Guncang Ibukota Dengan Menampilkan Legenda Band Rock Indonesia

By: ali adam malik

Baca selengkapnya

Games of Thrones Season 8 Trailer Final

Game of Thrones | Season 8 | Official Tease: Crypts of Winterfell (HBO)

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Xbox One Berikan Kemudahan Penggunanya Untuk Merasakan Seri ...

Xbox One Berikan Kemudahan Penggunanya Untuk Merasakan Seri Terbaru Dengan Sebutan Xbox All Access

By: ali adam malik

Baca selengkapnya
Loading…