Merayakan 8 Tahun Bermusik Tulus Siap Suguhkan Penampilan Tak Terlupakan di Jakarta

By Gilang Ramadhan

Published on: 2019/11/06 13:48

Foto 1
Perayaan delapan tahun berkarier Tulus dirampungkan di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 1 November 2019. Sejumlah musisi menjadi penampil misterius memeriahkan panggung Istora.

Foto 5
Sejak sore hari, konser Tulus dibuka dengan Kunto Aji lewat lagu-lagu andalan seperti Sulung, Mercusuar, Pilu Membiru, Rehat, dan Konon Katanya. Kunto tak lupa memanjatkan doa untuk karier bermusik sahabatnya.
"Sudah sewindu dia berkarya dan karyanya selalu di hati kita semua. Panjang umur dan sehar selalu, Tulus," ucap Kunto Aji.

Tulus juga mengajak serta Andien, RAN, Project Pop, dan Glenn Fredly menjadi penampil dan kolaborator. Masing-masing dari mereka menceritakan bagaimana sosok Tulus, berjenaka, dan mendoakan yang terbaik untuk musikus berdarah Sumatera Barat itu.
Foto 6Foto 10

"Saya bangga bisa berada di Sewindunya Tulus bersama teman-teman musisi lain," ucap Glenn.
"Doa saya untuk Tulus selalu jadi inspirasi untuk Indonesia," lanjutnya setelah membawakan lagu secuplik lagu Rasa Sayange dan Timur.

Dalam malam Sewindu berakhir, Anthony, salah satu sahabat Tulus membukanya dengan Merdu Untukmu sambil memetik nada-nada gitar. Seperti tradisi dalam konser-konser Tulus sebelumnya, tak lupa dia memperkenalkan diri.

"Selamat malam? Saya deg-degan, nih. Gimana, dong? Apa kabar teman-teman? Perkenalkan nama saya Tulus. Saya adalah seorang penyanyi dan penulis lagu. Saya sangat bangga hari ini bisa menjamu teman-teman dalam Festival Sewindu," ucap Tulus setelah membawakan lagu Baru dan Gajah.

Foto 9
Interaksi Tulus dan penonton tetap berjalan dalam sela-sela penampilannya. Seperti lagu Jatuh Cinta, Ruang Sendiri, serta Labirin yang mengajak Petra Sihombing turut naik pentas memainkan instrumen gitar.
"Teman-teman tahu enggak lagu itu saya tulis bersama Petra. Saya meminta Petra setengan memohon. Hari ini saya meminta dia sedikit memaksa," kata Tulus.
"Petra mengajarkan saya lebih membuka diri dalam proses menulis dan menciptakan lagu. Lagu Labirin yang saya rekam dan tulis bersama Petra," ungkapnya.

Selain berduet dalam Labirin, Petra Sihombing mengajak Tulus kembali berduet untuk lagu Cerita Kita Milik Semua. Pergantian kolaborator Tulus tampak rapi kembali pada Andien, mereka membawakan lagu Langit dan Bumi. Andien bersama Kawa juga mempersembahkan lagu Belahan Jantungku untuk Tulus.

Foto 8
Kolaborasi berlanjut bersama Kunto Aji dalam singel Bumerang, kemudian ada Imam Pras dalam duet Kisah Sebentar, dan Project pop yang membawakan Teman Pesta serta Satu Hari di Bulan Juni.

Tulus memberi jeda tawa dengan lagu akustik Monokrom, lalu mengundang RAN kembali naik pentas membawakan lagu Kita Bisa, kemudian tampil solo kembali untuk Teman Hidup dan Bunga Tidur.

Foto 11
Lagu primadona Adu Rayu seperti memberi energi bagi penonton untuk merayakan euforia Sewindu. Personel lengkap hadir untuk duet lagu ini, ada Yovie Widianto yang menggenapkan pada kibor. Mereka naik pentas setelah Kunto Aji membawakan Jangan Cintai Aku Apa Adanya.

Foto 3
Konser Tulus berakhir dengan lagu Pamit dan Sewindu.
Tur dan Festival Sewindu digelar merayakan karier bermusik Tulus di Tanah Air. Gelaran ini dimulai di Malang (24 September), Yogyakarta (26 September), Solo (18 Oktober), Makassar (25 Oktober), dan berakhir di Jakarta (1 November).

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

‘Chicken Noodle Soup’ Menjadi Lagu Kolaborasi Antara J-H...

‘Chicken Noodle Soup’ Menjadi Lagu Kolaborasi Antara J-Hope BTS Dan Becky G

By: ali adam malik

Baca selengkapnya

Barasuara Merilis ‘Guna Manusia

Barasuara Merilis ‘Guna Manusia’ sebagai Single Perdana dari Album ke-2

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Meet the coolest cameo, Keanu Reeves at Always Be My Maybe

Adegan pada trailer Netflix’s Always Be My Maybe tidak hanya membuat kita gemas dengan rom-com dar...

By: Vinny Vindiani

Baca selengkapnya
Loading…