Lifestyle Gadget
MacBook Pro Touch Bar dan Non Touch Bar, Apa Sih Bedanya?

By Gilang Ramadhan

Published on: 2021/07/15 16:21

Beberapa waktu lalu, Apple resmi merilis MacBook Pro Touch Bar entry level bersamaan dengan MacBook Air 2019. Tapi dengan hadirnya MacBook itu, Apple pun memberhentikan produksi MacBook Pro 2017. Namun ternyata ada nih satu MacBook Apple terbaru yang sedikit lebih murah.

Bedanya apanya sih MacBook Pro dengan touch bar dan non touch bar? Langsung simak penjelasannya dari MakeMac!

1. Touch Bar dan Touch ID
Sesuai namanya, MacBook Pro Touch Bar entry level tahun 2019 sudah tidak lagi mengusung Function Key fisik. Kini kamu harus menggunakan Touch Bar untuk dapat mengakses deretan Function Key dari F1 hingga F12 beserta fitur kendali Volume, kecerahan layar dan lain sebagainya.

Selain mendapatkan Touch Bar, pengguna MacBook Pro baru ini juga dapat menikmati teknologi Touch ID yang ada di ujung kanan, bergabung dengan tombol power. Touch ID adalah sensor biometrik yang dapat memindai sidik jari pengguna untuk beragam fitur keamanan. Mulai dari akses akun, App Store, belanja di Apple Pay dan beragam lainnya. 

Sebagai catatan, MacBook Pro Touch Bar entry level ini juga sudah menggunakan standar Apple T2 chip untuk mengurus enkripsi data di SSD, Touch Bar dan Hey Siri.

2. Prosessor yang Digunakan
MacBook Pro non Touch Bar tahun 2017 menggunakan spek CPU 2.3GHz dual-core Intel Core i5. Sedangkan MacBook Pro Touch Bar entry level menggunakan spek CPU 1.4GHz quad-core Intel Core i5, generasi ke–8. Meskipun hanya menggunakan kecepatan 1.4GHz, namun spek CPU ini adalah quad-core, bukan lagi dual-core. Ditambah lagi kabarnya Apple kini menggunakan spek eDRAM memory 127MB, meningkat dari 64MB yang sebelumnya digunakan pada MacBook Pro non Touch Bar 2019.

3. Teknologi Layar dan Grafis
MacBook Pro Touch Bar entry level punya teknologi baru yang disematkan pada bagian layar. Yaitu mendukung fitur True Tone yang sebelumnya diberikan Apple mulai pada MacBook Pro Touch Bar 2018. True Tone adalah teknologi White Balance otomatis untuk dapat menyesuaikan warna putih di layar dengan cahaya yang ada di sekitar pengguna.

Selanjutnya untuk urusan grafis, Apple mengganti memori grafis di MacBook Pro Touch Bar entry level dengan Intel Iris Plus Graphics 645. Sedangkan di MacBook Pro non Touch Bar masih menggunakan Intel Iris Plus Graphics 640.

4. Keyboard? Paling Baru!
Karena MacBook Pro non Touch Bar terbaru adalah generasi tahun 2017, maka Butterfly Keyboard yang digunakan masih dalam generasi kedua. Sedangkan untuk MacBook Pro Touch Bar entry level di tahun 2019, sudah menggunakan Butterfly Keyboard generasi ketiga yang disempurnakan oleh Apple. Namun wajib dicatat, semua komputer Mac dengan Butterfly Keyboard masuk dalam program Keyboard Service yang dibuat oleh Apple dan bisa kamu klaim secara gratis jika mengalami kerusakan.

5. Detail Lainnya
Masih ada beberapa detail lain dari perbedaan MacBook Pro non Touch Bar dan MacBook Pro Touch Bar entry level. Dikutip dari Apple Insider, kabarnya MacBook Pro Touch Bar entry level mengusung teknologi Bluetooth 5.0 (sebelumnya 4.2). Selain itu laptop terbaru ini juga dibekali dengan 3 mikrofon (sebelumnya hanya 2).

Sedangkan untuk baterai, Apple menulis spesifikasi baterainya adalah 58.2-watt-hour (sebelumnya 54.5-watt-hour). Sebagai catatan, ada sebuah kesamaan dari MacBook Pro non Touch Bar dan MacBook Pro Touch Bar entry level yang wajib kamu catat. Yaitu keduanya hanya menggunakan 2 port Thunderbolt 3. Berbeda dengan MacBook Pro Touch Bar biasa yang menggunakan 4 buah port Thunderbolt 3, masing-masing dua port di setiap sisinya.

Source: HAI

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Pemprov Jakarta Melarang Otopet Listrik Melintas di JPO, Tro...

Pemerintah provinsi DKI Jakarta melaluli Dinas Bina Marga, telah melarang penggunaan otopet listrik ...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Cara menghindari Instagram yang tidak sengaja tap 'Like' saa...

Menguntit Social Media mungkin menyeramkan dan membuang-buang waktu, tetapi kebanyakan dari kita mas...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Berwisata di Lokasi Syuting bagi Setiap Pencinta Film

Ide liburan yang terinspirasi film

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…