Lifestyle Fashion
Lelang Baju Menjadi Acara Tahunan HuntStreet.com #Hunt2Save Kembali dengan Tema Re-Loved

By Gilang Ramadhan

Published on: 2021/11/25 17:04


Setiap detiknya, satu truk sampah dengan muatan 265 kg pakaian berakhir di tempat pembuangan. Melalui pembelian dan penjualan barang-barang pre-loved sebagai upaya untuk mencegah pemborosan limbah industri mode, HuntStreet.com dengan bangga mempersembahkan kembali acara amal tahunannya, #Hunt2save, kali ini dengan tema Re-Loved. Bekerja sama dengan Setali Indonesia, Re-loved bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah sustainability yang terjadi di dunia fashion. Acara yang digelar di lantai dasar Pacific Place Mall Jakarta selama 2 minggu, dimulai dari 22 November 2019 hingga 8 Desember 2019, akan mengadakan kegiatan interaktif dan edukatif untuk meningkatkan pengetahuan serta kesadaran tentang sustainability serta cara untuk mengurangi limbah mode.

“Saat ini, ada kebutuhan mendesak untuk lebih sadar akan masalah lingkungan dengan fakta nyata bahwa industri fashion berkontribusi 4% terhadap polusi global. Sebagai bisnis yang bergerak di industri mode, kami merasa berkewajiban untuk meningkatkan kesadaran tentang budaya yang lebih peduli terhadap siklus hidup dari barang yang kita miliki. Model bisnis HuntStreet.com adalah ekonomi sirkular dengan dorongan untuk pembelian dan penjualan kembali barang pre-loved untuk mengurangi pemborosan mode secara signifikan,” ungkap Sabrina Joseph,  Pendiri HuntStreet.com.


Untuk memulai seluruh rangkaian acara yang lebih peduli terhadap lingkungan, pembukaan Re-Loved dengan sukses dilaksanakan di lantai dasar Pacific Place Mall Jakarta pada tanggal 22 November 2019. Berbagai kegiatan telah dilakukan termasuk konferensi pers eksklusif dengan rekan media, kegiatan tur di instalasi dan area dengan pesan mengenai sustainability, melihat dan ikut serta dalam penjahitan topi dengan mesin jahit analog oleh Setali Indonesia, serta sesi berbincang santai di antara para tamu dilengkapi dengan makanan ringan dan minuman oleh Busaba. Tanpa melupakan akar dari keseluruhan acara Re-loved, HuntStreet.com juga menyediakan The Eco Hunter Luxury Bazaar and Consignment dimana para tamu dapat membeli lebih dari 500 barang pre-loved bermerk dan juga untuk menitipkan barang-barang pre-loved mereka kepada HuntStreet.com untuk dijual kembali dari tanggal 22 November 2019 - 28 November 2019.


Selain menjual dan membeli barang dengan tujuan amal, HuntStreet.com berkolaborasi dengan 9 desainer lokal berbakat termasuk Didiet Maulana, Stella Rissa, Rinda Salmun, Wilsen Willim, Yosep Sinudarsono, Reves Studio, M by Mischa, Tangan x One Fine Sky dan It’s Aloes untuk memodifikasi dan mendaur ulang baju yang telah disediakan HuntStreet.com untuk menambahkan nilai-nilai dari baju tersebut. Selain itu, hasil dari kolaborasi ini berhasil menjadi sorotan di acara pembukaan Re-Loved dimana para muses memenuhi green carpet dengan mengenakan pakaian yang telah di-upcycled ditemani juga oleh desainernya masing-masing - Caca Tengker dan Noi Aswari untuk Rinda Salmun, Shelvin Prasetio untuk for Reves Studio, Samantha Wijaya untuk It’s Aloes, Ayu Gani dan Dara Warganegara untuk Yosep Sinudarsono, Nazla Alifa Senia untuk M by Mischa, Andini Effendi untuk Stella Rissa, Cissylia untuk Tangan x One Fine Sky, Andien Aisyah untuk Ikat Indonesia, and Andra Alodita untuk Wilsen Willim.


Pakaian-pakaian ini kemudian akan dilelang pada tanggal 29 November di Pacific Place Jakarta. Hasil dari lelang akan diteruskan ke Setali Indonesia, sebuah yayasan dan organisasi non-profit lokal yang didirikan oleh Andien Aisyah. Kehadiran Setali Indonesia mengupayakan untuk memperpanjang umur barang dengan mengundang masyarakat untuk menyumbangkan barang-barang pre-loved mereka yang masih layak sehingga dapat menambah nilai baru. Kerja sama ini akan membantu Setali untuk mencapai misi jangka panjang mereka untuk memperoleh mesin daur ulang yang dapat mengubah pakaian menjadi benang dan dapat digunakan kembali untuk membuat pakaian baru.

“Kolaborasi Setali Indonesia dengan HuntStreet.com menyuarakan urgensi tentang isu limbah sampah industri mode dan menyebarluaskan kesadaran akan pentingnya budaya mode berkelanjutan. Sudah saatnya kepedulian kita terhadap bumi bisa diwujudkan dalam perilaku berpakaian dalam keseharian, acara Re-Loved memperlihatkan dengan lugas apa saja upaya yang bisa dilakukan untuk terlibat dalam upaya sirkular mode,” ungkap Intan Anggita Co-Founder dari Setali Indonesia.


#Hunt2Save oleh HuntStreet.com telah lama mendorong masyarakat untuk sadar secara sosial saat berbelanja. Melalui acaraHunt2Save, HuntStreet.com bertindak sebagai wadah untuk menjual barang pre-loved bermerk dimana hasil penjualan akan disumbangkan ke sejumlah yayasan yang bergerak dalam bidang kesehatan, orang tua, dan pendidikan. Sebagai hasil dari konsistensinya, #Hunt2Save telah lama ditunggu-tunggu oleh para penggemar mode dan individu yang peduli sosial sejak pertama dilaksanakan pada tahun 2015.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

5 Tempat Wisata Dengan Promo Spesial Tahun Baru 2020

Tidak terasa saat ini kita sudah memasuki libur pergantian tahun baru. Selain merayakan tahun baru d...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

5 Tips Untuk Kurangi Penggunaan Plastik di Hari Lebaran

Getting closer to Eid al-Fitr, cari tahu beberapa tips Hangoutindo untuk mengurangi penggunaan plast...

By: Vinny Vindiani

Baca selengkapnya

Baluun By Haluu World Berbagi Kebahagiaan dengan 200 Anak Pa...

Lewat acara bertajuk “HALUU ANAK BANGSA”, Baluun by Haluu World mengundang 200 anak panti asuhan...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…