Konser Karantina: Livestream, Konser, Digital Gigs, dan Siaran Online Lainnya

By Gilang Ramadhan

Published on: 2020/03/20 15:42

Maraknya wabah COVID-19 yang telah menjadi pandemi global ini memicu adanya self-quarantine dan social-distancing. Namun, tahapan keamanan yang diterapkan di berbagai negara ini kerap menimbulkan rasa terisolasi dan terasingkan karena kurangnya rasa kebersamaan dengan dunia sekitar. Perhelatan sederet acara-acara seperti konser atau eksibisi pun banyak yang harus diundur bahkan dibatalkan karena gentingnya situasi wabah ini. Meskipun demikian, berbagai musisi dan penggiat kreatif telah memulai inisiatif untuk membawa performance mereka secara virtual, melalui berbagai livestreaming dari Instagram, Facebook, ataupun Discord. Berikut adalah kumpulan program dari berbagai musisi dan komunitas online yang bisa dieksplor di masa social distancing ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Thanks to the use of webcams, each participant will become part of a large collective mosaic, you will be able to see musicians playing and other people dancing with you, to the rhythm of the same music. The musicians (who will be announced starting from the publication of this manifesto) will play remotely, on webcam, and will use the same platform that you will use. To accompany us, starting from the next days until the final party, there will be a sort of "virtual museum" made by every artist (photographer, illustrator, painter, designer, videomaker, etc.), who will be willing to send their content to be published on the COVID ROOM wall, following the art director's directions which will be published soon via our stories. Any form of artistic collaboration or help is welcome. COVID ROOM.

A post shared by Covid Room (@covidroom) on


Covid Room
Sebuah kolektif online, Covid Room, telah membuat inisiatif berupa komunitas digital yang unik. Komunitas ini terdiri dari perkumpulan musisi dan penggiat di bidang kreatif yang ingin saling berbagi inspirasi dan karya mereka melalui komunitas daring. Melalui komunitas online ini, social distancing bukanlah suatu hambatan, tapi merupakan kesempatan untuk bertemunya berbagai macam pekerja kreatif di media sosial.

 

1 social-distancing-festivalSocial Distancing Festival
Social Distancing Festival merupakan komunitas online yang secara spesifik berperan untuk merayakan dan memberi support bagi acara, seniman, ataupun musisi yang harus membatalkan acara mereka karena COVID-19 ini. Situs resmi Social Distancing Festival memiliki katalog dan jadwal berisi acara-acara yang sudah atau akan dijadikan konten digital ataupun live streaming. Menurut situsnya, dimulainya komunitas ini tak hanya agar dapat memberi dukungan, tetapi agar tetap menggerakkan inspirasi dan kreatifitas banyak orang di tengah pandemi global ini.

 

Patti Smith – Virtual Concert

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Thank you to everyone for doing your best in these wild times. It has been really special to stay connected through these different sources and platforms. You can watch our little video on my story now, and much more to come. Also, on March 28th at 1pm EST, ill do a live 30 min virtual concert through @germildc ♥️thank you @rodrigoderasmo and thank you everyone. So much love to you all. Let’s continue to remember how truly interconnected we all are, which can be felt more evidently than usual with practically everyone in the world thinking about the same subject right now. We are isolated and separated, but we are always together, connected through love, compassion, collaboration, patience, understanding, music, communicating, openness, Hope, optimism, and more love. More soon! Thank you :)♥️♥️♥️

A post shared by Jesse Paris Smith (@michiganmanhattan) on

Musisi, penyair, dan penulis Patti Smith telah bergabung dengan sederet musisi lain dalam memberi konser secara digital. Konser pertama oleh Patti Smith di-stream pada 18 Maret kemarin bersama anaknya, Jesse Smith. Melalui akun Instagram resminya, Patti Smith juga telah mengumumkan bahwa ia berencana untuk membawa konser digital lagi ke depannya.


 


3 death-cabBen Gibbard (Death Cab for Cutie)
Di tengah gentingnya wabah COVID-19, vokalis dari band Death Cab for Cutie juga telah mengambil inisiatif untuk memberikan konser digital kepada penggemarnya. Melalui akun Twitter Death Cab for Cutie, Gibbard juga mengumumkan bahwa konser digital ini akan ia bawa setiap harianya melalui YouTube/Facebook pukul 16.00 WSP. Gibbard juga mengumumkan bahwa ia akan berusaha untuk membuka request dan mencoba untuk mengundang “tamu” secara digital.

 

5 erykah-baduErykah Badu – Interactive Livestream Experience from Her Bedroom
Erica Abi Wright, atau yang dikenal dengan nama Erykah Badu, mengumumkan bahwa ia akan memulai seri konser livestream melalui akun Instagramnya. Streaming tersebut akan direkam di kamarnya, dengan biaya $1. Hal ini merupakan upayanya untuk tetap memberi hiburan kepada penggemarnya walaupun konser-konsernya telah dibatalkan karena pandemi COVID-19. Pendengar yang telah membayar biaya tersebut pun dapat mengirim request akan lagu-lagu yang ingin dibawa oleh Erykah Badu pada penampilan live stream berikutnya. Detail waktu dan platform konser livestream ini akan diumumkan lebih lanjut melalui akun media sosialnya.

 

6 charli-xcxCharli XCX – Livestream Instagram “Self Isolation”
Musisi Charli XCX telah memulai seri livestream yang akan dia bawa melalui Instagramnya. Program yang bertajuk “Self Isolation” ini akan mengundang berbagai macam tamu dan akan membahas topik-topik yang beragam juga, seperti topik “Emo Chat” bersama Christine and the Queens pada 18 Maret kemarin. Bagi yang ingin menyimak seri dari Charli XCX ini bisa menunggu episode “Personal Training” bersama Diplo pada 19 Maret, “Girls Night” bersama Rita Ora pada 20 Maret, “Would U Rather” bersama Kim Petras pada 21 Maret, dan “Art Class” bersama Clairo pada 22 Maret mendatang. Simak akun Instagram Charli XCX untuk mendapatkan notifikasi program-program Instagram live-nya.

 

4 christine-and-the-queensChristine and the Queens
Musisi asal Perancis, Christine and the Queens, telah mengumumkan bahwa ia akan memulai seri live streaming melalui Instagramnya. Sebelumnya, musisi asal Perancis ini juga pernah mengundang Charli XCX dan menjadi tamu dalam program livestream-nya. Episode pertama dari seri konser ini diunggah pada 16 Maret kemarin, tetapi ada kemungkinan bahwa Christine and the Queens akan mempersembahkan performances lain ke depannya.


 


Diplo – Corona Sabbath
Diplo, DJ asal Amerika dan anggota dari Major Laser, telah mengumumkan seri live DJ sets melalui Instagram dan kanal YouTube resminya. Seri pertama ini ia luncurkan melalui DJ set bersama musisi Rhye pada 15 Maret kemarin. Program DJ set ini akan ia unggah dan siarkan tiap harinya.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

A meditation and mantra to promote healing during this global crisis. Use at your own pace. Love you!

A post shared by Lizzo (@lizzobeeating) on


Lizzo – Live Meditation
Alih-alih memulai seri konser dalam bentuk streaming, Lizzo membawakan sesi online meditation sebagai bentuk support dalam era social distancing ini. Melalui post IGTV, Lizzo mengimbau followers Instagramnya untuk bernafas sejenak dan menenangkan diri dalam situasi yang mencemaskan ini.

 

2 arcaArca – Discord Chatroom
Arca, musisi, DJ dan produser ini juga mengambil tahapan yang unik dalam era social distancing. Bukanlah konser digital maupun DJ set, Arca memulai komunitas online yang ia harap bisa mempersatukan dan memberi harapan ke banyak orang di masa-masa social distancing yang sangat mengasingkan ini. Melalui situs dan aplikasi Discord, komunitas ini akan dimoderasi oleh Arca dan beberapa temannya, melalui situs tersebut ia harap akan relasi dan koneksi antar sesama akan tetap tumbuh dan terjaga.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Djakarta Warehouse Project Kembali Ke Jakarta Tanggal 13-15 ...

Festival musik Djakarta Warehouse Project mengumumkan tanggal penyelenggaraan edisi ke-11-nya yang a...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

CIX Sapa Penggemar di Jakarta, Tiket Mulai dari 1 Jutaan

CIX Sapa Penggemar di Jakarta, Tiket Mulai dari 1 Jutaan

By: ali adam malik

Baca selengkapnya

CEO Universal Music Dikabarkan Positif Terkena Virus Corona

CEO Universal Music Dikabarkan Positif Terkena Virus Corona

By: ali adam malik

Baca selengkapnya
Loading…