Entertainment Film & TV
Kenapa 30 Maret Hari Perfilman Nasional

By Gilang Ramadhan

Published on: 2019/03/30 16:14

6356

Era awal perfilman Indonesia ini diawali dengan dirinya bioskop pertama di Indonesia pada 5 Desember 1900 di daerah Tanah Abang, Batavia dengan nama Gambar Idoep yang menayangkan berbagai film bisu.

Hari Film Nasional merupakan momentum tahunan yang diperingati tiap tanggal 30 Maret. Tanggal tersebut berkaitan dengan sebuah peristiwa bersejararah dalam dunia film Indonesia ketika pada 30 Maret 1950 dilakukan pengambilan gambar pertama kali oleh sutradara Usmar Ismail dalam film Darah dan Doa, sebuah film Indonesia pertama bercirikan Indonesia dengan segala lini diprakarsai oleh orang Indonesia sendiri.

 

Kini, seiring tahun, film Indonesia semakin berkembang dengan ragam cerita yang kreatif dan inovatif. Film Indonesia perlahan diminati lagi oleh publik sendiri. Terhitung dari 2018, pencapaian jumlah penonton naik pesat dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Perolehan penonton Indonesia di 2018 mencapai 51 juta penonton seiring 14 film yang rilis di bioskop tahun itu.

 

Terlepas dari beberapa versi sejarah yang ada, Hari Film Nasional menjadi momen perayaan bagi perfilman Tanah Air. Hari ini menjadi bentuk apresiasi bagi dunia layar lebar dan mereka yang berkecimpung di dalamnya.

 

Film tak lagi hanya sebagai hiburan. Film menjadi produk budaya yang tak jarang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi di masyarakat.

 

"Di mana tepatnya 69 tahun lalu sutradara Indonesia, yaitu Usmar Ismail memproduksi film pertamanya berjudul Darah dan Doa. Jadi layak jika 30 Maret disebut sebagai hari bersejarah bagi para insan perfilman Indonesia," katanya.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Mengenal Shazam!: Superhero DC yang Tidak Menampilkan Kesan ...

Superhero DC identik dengan sesuatu yang gelap. Wonder Woman menjadi salah satu pengecualian. Sisany...

By: Reza Reinaldo

Baca selengkapnya

Daftar Film Bulan Agustus 2019

Butuh inspirasi mau nonton film apa di bulan Agustus 2019 ini? Ayo cek 8 Rekomendasi Film Bioskop Te...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Daftar Film Maret 2019

Butuh inspirasi mau nonton film apa di bulan Maret 2019 ini? Ayo cek 6 Rekomendasi Film Bioskop Terb...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…