Entertainment Film & TV
Kemdikbud Hadirkan Program untuk Dukung Pertumbuhan Film Indonesia Bersama Netflix

By Gilang Ramadhan

Published on: 2020/01/13 15:39

Kemendikbud-Apresiasi-Netflix-Dukung-Pengembangan-Talenta-Perfilman-Indonesia-2

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, memberikan apresiasi terhadap Netflix yang menghadirkan tayangan bermutu untuk publik.

Ia mengaku ngefans dengan Netflix karena memiliki banyak konten Indonesia di dalamnya, apalagi kehadiran Netflix jadi sarana perkenalan film-film Indonesia di kancah internasional.

“Saya bersyukur sekali karena saya fans Netflix. Seneng rasanya konten Indonesia semakin lama semakin banyak tampil di Netflix,” kata Nadiem saat jumpa pers di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (9/1/2020).

Untuk itu, Nadiem bersama Kemendikbud mengajak kerjasama Netflix untuk menghadirkan sejumlah program demi mendukung pertumbuhan perfilman Indonesia.

Ada 4 program yang disampaikan, yang pertama adalah workshop proses pembuatan film bersama tim Netflix di Jakarta dan Hollywood.

Dalam pelatihan ini, Netflix akan memilih 10 orang penulis skenario yang akan diterbangkan ke Hollywood untuk mengikuti pelatihan pada bulan Maret mendatang.

Akan tetapi sebelumnya, adapun 100 orang script writer yang akan terlebih dahulu mengikuti pelatihan di Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar kualitas sumber daya manusia dari segi penulis skrip bisa punya kemampuan lebih.

Program kedua adalah kompetisi film pendek. Tema yang dipilih dalam kompetisi ini adalah Pancasila, yang dimaksudkan sebagai langkah untuk memajukan perfilman Indonesia. Hadiahnya 600.000 dollar AS atau sekitar Rp 8,3 miliar.

Menurut Sheila Timothy sebagai perwakilan dari Asosiasi Produser Film  Indonesia (APROFI), tema tersebut sangat menarik karena bisa digali beragam sisi dari humanis hingga multikultural kebudayaan.

Kemudian dua program lainnya adalah Online Safety Training Program dan Agile Governance workshops bersama World Economic Forum.

"Kami apresiasi Netflix yang memberikan dukungan terhadap pertumbuhan perfilman Indonesia. Kemitraan ini kita lakukan sebagai upaya mendukung dan menginternasionalkan produksi film anak bangsa," ujar Nadiem Makarim.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Peluncuran Buku Perantau Anti Galau: Teman Merantau Masa Kin...

Merantau merupakan perjalanan yang lebih dari sekadar pencarian uang, namun juga pengalaman, jodoh, ...

By: Reza Reinaldo

Baca selengkapnya

Film A Quite Place Hadirkan Bocoran Terkait Film Keduanya

Film A Quite Place Hadirkan Bocoran Terkait Film Keduanya

By: ali adam malik

Baca selengkapnya

Andy Serkis Dikabarkan Akan Berperan di Film The Batman

Andy Serkis Dikabarkan Akan Berperan di Film The Batman

By: ali adam malik

Baca selengkapnya
Loading…