Industri Musik di Kala Social Distancing

By Gilang Ramadhan

Published on: 2020/03/31 18:20

industri musik di kala social distancing1

Selama wabah covid-19 belum berhenti, satu-satunya bisnis yang akan tetap berjalan bahkan tumbuh pesat adalah bisnis digital. Semua lini bisnis tiba-tiba berubah menjadi digital, mereka mengejar angka penonton dari kebosanan orang mengisolasi diri di rumah. Maka banyak DJ yang melakukan Live stream dari rumah mereka, bahkan ada promotor besar yang mengelar 42 jam rave party dengan line-up yang gila.

Lalu, apa saja yang terjadi pada Industri musik selama masa Covid-19 berlangsung?

 

article-2009161-0bf8400a000005dc-272-1024x615-large-5b842c74ab12ae78d55fb702
Naiknya Angka Pendengar Radio.
Aneh memang, di zaman mengakses musik sudah mudah karena ada platform streaming musik malah pendengar radio naik. BBC mengaku selama pandemik Covid-19 angka pendengar mereka naik hingga 18%, sementara itu Global, grup yang menaungi Capital FM dan stasiun bicara LBC, mengatakan mendengarkan radio online telah meningkat sebesar 15%. Menurut juru bicara global kepada BBC “Angka-angka ini menunjukkan bahwa publik beralih ke radio di saat krisis.”
Biar karantina kamu semakin asik makanya denger Virgin Radio Jakarta yang selalu memutarkan lagu hits dari untuk generasi muda dan membuat kamu pastinya up to date. Untuk kamu yang suka dengan lagu dari 80an, 90an 2000an dan ada juga kok lagu-lagu sekarang kamu dengerin 99.5 Smooth FM.

ilustrasi-spotify--reuters_ratio-16x9
Streaming Musik Menurun.
Siapa yang mengira hal ini akan terjadi? dengan anjuran social distancing  seharusnya angka streaming naik pesat karena orang-orang akan dirumah dan mendengarkan musik kesukan mereka setiap waktu. Tapi kenyatannya terbalik, streaming musik menurun hingga 8%.

3000
Sejauh ini Musisi Inggris Rugi 13.9 juta Pound.
Dengan adanya anjuran untuk isolasi diri dan phsycal distancing, para musisi tidak mungkin mengelar konser. padahal pendapatan seorang musisi adalah dari pertunjukan mereka. Menurut survey musician union yang diikuti oleh 4.000 lebih musisi, mengaku pendapatan mereka sudah terpengaruh oleh wabah Covid-19.

0018986933_0_1
Musisi Mendapat $4,3 Juta Dari Bandcamp Hari Jumat Lalu.
Selama pandemi ini berlangsung sudah dipastikan konser-konser tidak akan ada. Satu-satunya hal yang bisa menjadi pemasukan adalah penjualan merchandise atau digital album. Pada Jumat kemarin untuk 24 jam saja Bandcamp menghapus komisi yang mereka ambil, maka pendapat utuh langsung diterima para musisi.

Source: frekuensiantara

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Film Terbaru ‘Jurassic World’ Akan kembali Kedatangan Pe...

Film Terbaru ‘Jurassic World’ Akan kembali Kedatangan Pemain Baru

By: ali adam malik

Baca selengkapnya

Xbox One Berikan Kemudahan Penggunanya Untuk Merasakan Seri ...

Xbox One Berikan Kemudahan Penggunanya Untuk Merasakan Seri Terbaru Dengan Sebutan Xbox All Access

By: ali adam malik

Baca selengkapnya

Dua Game Klasik Milik Sega Akan Rilis di Bulan Februari

Dua Game Klasik Milik Sega Akan Rilis di Bulan Februari

By: ali adam malik

Baca selengkapnya
Loading…