Lifestyle Gadget
Smartphone Pertama Kali di Dunia Ternyata Sudah 20 Tahun Yang Lalu

By Gilang Ramadhan

Published on: 2018/12/14 16:54

IBM BellSouth Simon First Smartphone 1

Penggunaan smartphone sudah melekat pada kehidupan manusia pada zaman yang sudah modern. Kebutuhan apapun bisa didapatkan dengan mudah hanya melalui smartphone dari informasi, hiburan, kendaraan transportasi, kebutuhan belanja, hingga makanan.

Tau gak sih kalo smartphone ternyata telah tercatat digunakan sejak lama yang pertama kali diperkenalkan di tahun 1990-an.

Dua perusahaan Amerika Serikat, IBM dan BellSouth telah menggabungkan teknologi PDA dan telepon pada masa iu dijadikan satu perangkat elektronik bernama Simon.

Apa itu Simon?
IBM dan BellSouth memperkenalkan Simon untuk pertama kalinya dalam ajang COMDEX di Las Vegas, Amerika Serikat pada 23 November 2018. Sejak saat itu, Simon dianggap sebagai smartphone pertama di dunia dan memiliki nama sandi "Angler". Namun, ponsel ini baru dirilis ke pasaran dan bisa dibeli mulai tanggal 16 Agustus 1994.

Belum ada browser di dalamnya, tapi ponsel ini bisa mengirimkan faks.

Ukuran besar dan harga mahal
Ponsel ini punya ukuran yang cukup besar yaitu lebar 2,5 inci dengan ketebalan 1,5 inci, dan berat sekitar 450 gram. Kalau dibandingkan dibandingkan dengan smartphone saat ini pasti cukup signifikan beratnya. Saat pertama kali dirilis ke pasaran, ponsel ini dijual dengan harga $1,100.

Layar sentuh dan beberapa aplikasi
Simon dipercaya sebagai ponsel komersial pertama dengan layar sentuh. Pada awal 90-an layar sentuh masih sangat jarang. IBM dan BellSouth memberikan Simon dengan sistem navigasi yang mudah dengan pensil stylus dan juga jari. Disertai juga beberapa aplikasi seperti penyimpanan kontak telepon, kalkulator, kalender, fax, Email, pesan, Notepad, alarm dan aplikasi permainan lain.

Fitur prediksi penulisan
Fitur canggih dalam Simon adalah "PredictaKey" yang bisa muncul ketika kita menuliskan pesan ataupun manual. Dalam fitur ini Simon memberikan layanan kepada pengguna ketika menulis akan menunjukan karakter apa yang Anda butuhkan.

Terhubung ke telepon rumah
Simon adalah untuk kalangan eksekutif yang fokus terhadap bisnis, namun penjualannya terbilang mengalami kesulitan yang disebabkan harga yang mahal dibanderol BellSouth.
Pastinya ada sesuatu yang unik dari ponsel ini karena pemilik bisa menghubungkan ke kabel telepon rumah untuk melakukan panggilan tertentu.

Borosnya baterai
Baterai Simon hanya bertahan satu jam saja, terhitung boros daya tahan dengan harga yang mahal. Simon menghabiskan enam bulan di pasaran dan berhasil menjual sekitar 50.000 unit. Dalam sebuah laporan. Tetapi karena faktor daya tahan yang sangat minim menjadikan faktor IBM Simon menghilang dari peredaran sekitar dua tahun sejak diluncurkan. Kini, IBM Simon yang telah berumur 20-an tahun dipajang dalam pameran Museum Sains London.

Simon dianggap sebagai smartphone pertama, meskipun istilah “smartphone” belum di kenal pada tahun 90-an.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

10 Destinasi Wisata Diskon 50 Persen Oleh Pemerintah

Pemerintah memberikan diskon tarif tiket pesawat untuk sepuluh destinasi domestik. Hal ini dilakukan...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

UNIQLO Buka Toko di Mall of Indonesia Mempermudah Jangkauan ...

UNIQLO, label busana global terdepan di Jepang, menguatkan keberadaannya di wilayah Jakarta dengan m...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Penjualan Produk Apple di China Turun Drastis Akibat Virus C...

Penjualan Produk Apple di China Turun Drastis Akibat Virus Corona

By: ali adam malik

Baca selengkapnya
Loading…