Lifestyle Gadget
Apa Manfaat Teknologi AI di Kamera Smartphone?

By Gilang Ramadhan

Published on: 2019/04/18 21:10

Hangout indo AI Face Recognition

Seiring dengan perkembangan waktu, kemampuan smartphone semakin beragam. Salah satu yang cukup menarik perhatian masyarakat adalah keberadaan teknologi artificial intelligence (AI) yang biasanya disematkan kamera smartphone.

Lantas, apa kegunaan AI di dalam kamera smartphone? Sesuai namanya, artificial intelligence atau kecerdasan buatan dapat diartikan sebagai teknologi komputer yang memiliki kecerdasan seperti manusia. Nah dalam praktiknya, AI dapat memudahkan sebuah pekerjaan di smartphone.

Dalam kaitannya dengan kamera smartphone, AI dapat meningkatkan kualitas kamera secara lebih maksimal. Kehadiran AI di kamera juga dapat membuat segala pengaturan gambar berjalan secara otomatis.

Dengan AI, antarmuka kamera smartphone dapat mendeteksi objek dalam frame foto secara otomatis, baik itu foto pemandangan yang diambil secara landscape atau foto diri dengan mode portrait dengan detil yang lebih tajam, lalu memaksimalkan setting kamera sehingga menghasilkan hasil foto yang maksimal kualitasnya.

Masih membahas mengenai foto orang secara close-up dengan mode portrait, AI juga mampu meningkatkan kualitas foto bokeh yang sebelumnya hanya bisa dieksekusi melalui kamera profesional. Untuk pengguna yang sering selfie, AI pun sanggup mengenal fitur wajah dengan teknologi facial recognition dan memberikan efek beauty yang disesuaikan dengan kontur muka pengguna.

Salah satu pabrikan smartphone yang senantiasa menggunakan AI di dalam kameranya adalah realme. Pabrikan yang identik dengan inovasinya itu menyemat AI di setiap produk-produknya yang dijual di Indonesia.

Produk terbaru realme pun, realme 3 juga memiliki fitur AI di kameranya. Di bagian belakang, AI dapat membuat kamera realme 3 mengenali 16 scene gambar independen dan 100 kombinasi scene gambar untuk secara otomatis memilih strategi pencahayaan terbaik untuk dynamic range dan rasio kontras yang lebih baik.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

adidas Indonesia Memperkenalkan Jaket VRCT

Bulan ini, Adidas meluncurkan jaket VRCT, model kontemporer tentang tampilan klasik universitas yang...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

RIMOWA x Daniel Arsham

Menghidupkan kembali koper vintage RIMOWA Classic Attache dalam sebuah karya seni “Eroded suitcase...

By: Vinny Vindiani

Baca selengkapnya

10 Fakta Hari Valentine yang Jarang Orang Ketahui

Di dunia barat sendiri, Hari Valentine merupakan hal wajib yang dirayakan terutama bersama dengan or...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…