5 Tips Cerdas Untuk Konsumsi Kopi

By Gilang Ramadhan

Published on: 2019/10/01 15:53

5 tips cerdas konsumsi kopi

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek dan jangka panjang, menurunkan peluang kamu untuk mengalami depresi dan mengurangi risiko kanker tertentu dan penyakit lainnya. Kafein menghambat neurotransmiter yang membuat kamu merasa mengantuk dan memberi Anda energi yang meningkatkan kemampuan kamu untuk berpikir dan membantu Anda fokus, terutama pada tugas-tugas yang membosankan atau berulang, kata para peneliti.

Tetapi lebih banyak kopi tidak selalu lebih baik. Terlalu banyak kafein dapat membuat kamu gelisah dan tidak bisa tidur sama sekali.

Pelajari cara menjadi konsumen kopi yang lebih pintar dengan 5 tips bawah ini.

1. Targetkan 200 miligram kafein untuk meningkatkan daya ingat.
Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa peserta yang melihat serangkaian gambar dan kemudian mengkonsumsi 200 miligram kafein lebih mungkin untuk mengidentifikasi dengan benar apa yang telah mereka lihat pada hari berikutnya. Dosis 100 miligram tidak membantu ingatan mereka, dan dosis yang lebih tinggi tidak lebih efektif dan memiliki beberapa efek samping negatif.

Berapa banyak kopi yang setara dengan 200 miligram kafein? Ini sekitar 2 cangkir kopi yang kamu buat di rumah, tetapi kurang dari grande Starbucks.


2. Tunda ngopi pagi.
Jika rutinitas pagi membawa kamu ke dapur dan menyeduh batch, kamu mungkin tidak mendapatkan manfaat yang kamu harapkan. Alasannya adalah kadar kortisol dalam tubuh kamu. Kafein dapat mengganggu produksi kortisol (yang membantu kamu merasa terjaga), dan kadar kortisol cenderung paling tinggi di pagi hari. Minum kopi pada saat yang sama dengan kadar kortisol yang tinggi dapat memberitahu tubuh kamu untuk tidak memproduksi sebanyak itu, yang berarti Anda akan lebih mengandalkan kafein.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari asupan kafein kamu, minumlah kopi ketika kortisol turun - antara pukul 10 pagi hingga tengah hari dan pukul 2 hingga 5 malam.


3. Menjadi kecil.
Jika kamu mencoba untuk tetap waspada sepanjang hari, secangkir kopi 2 ons setiap jam, bukan dua cangkir besar mungkin cara untuk melakukannya, menurut sebuah studi tahun 2004. Kafein memuncak dalam aliran darah dalam waktu setengah jam hingga satu jam setelah meminumnya dan dapat tetap tinggi selama berjam-jam sesudahnya.


4. Jangan meminumnya terlambat.
Tidur malam yang baik dan nyenyak diperlukan untuk daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan kamu apalagi untuk para pelajar yang sedang gemar minum kopi di era sekarang ini. Ada bukti bahwa kafein dapat mengganggu kemampuan kamu untuk tidur selama enam jam setelah cangkir terakhir kamu. Setiap orang berbeda, tetapi jika kamu seorang peminum kopi yang besar dan memperhatikan bahwa kamu kesulitan tidur atau tertidur dengan nyenyak, kamu mungkin ingin mencatat seberapa terlambat kamu menuangkan cangkir terakhir kamu.


5. Mengirup aroma kopi.
Kafein mendapat semua perhatian, tetapi aroma kopi dapat berperan dalam membangunkan kamu juga. Sebuah studi internasional mengindikasikan bahwa aroma kopi dapat mengubah gen di otak dan mengurangi efek kurang tidur.

 

Alternatif kopi

Kopi bukan untukmu?
Inilah beberapa makanan untuk dipikirkan: cobalah cokelat!

Sepotong cokelat hitam (tanpa pemanis, dengan setidaknya 60 persen kakao) dapat memberdayakan kamu melalui keterpurukan. Sebuah studi baru menunjukkan jenis coklat ini dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan rentang perhatian kamu. Bila cokelat biasa dengan susu tinggi dan kadar gula tidak memiliki manfaat yang sama, tetapi menikmati bar dengan kandungan kakao yang lebih tinggi dapat membantu.

Seberapa buruk kecanduan kopi kamu?

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Tropicola telah di Buka

Menikmati musim panas bersantai di tepi pantai dan tempat yang sangat nyaman. Tropicola, Beach Clu...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Rayakan OKTOBERFEST 2019 di Arya Duta Jakarta

Perayaan Oktoberfest 2019 di Aryaduta Jakarta kali ini akan diselenggarakan lebih meriah dan lebih b...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Mott 32 at Marina Bay Sands

Marina Bay Sands, Singapura siap membuka babak baru dengan menghadirkan restoran Cina kontemporer as...

By: Vinny Vindiani

Baca selengkapnya
Loading…