Eat & Drink
Buka Puasa Dengan Minuman Dingin Bisa Bikin Masalah Kesehatan

By Gilang Ramadhan

Published on: 2021/05/14 15:48

Berbuka puasa dengan minuman yang dingin tentu memang nyegerin, apalagi setelah menjalani hari yang melelahkan. Namun, kalian mungkin pernah mendengar saran yang mengatakan bahwa lebih berbuka dengan nggak langsung meminum minuman yang dingin.

Nah, sebenarnya apa sih efek yang ditimbulkan ketika minum air dingin untuk buka puasa?

Meski memang bikin seger, ternyata minum air dingin saat buka puasa bisa menimbulkan efek samping yang mengganggu kesehatan. Mulai dari gangguan pencernaan hingga sakit tenggorokan bisa terjadi.

1. Gangguan pencernaan
Pada saat meminum air dingin dalam keadaan perut kosong, lambung akan berkontraksi karena menerima cairan yang suhunya jauh berbeda dari suhu tubuh. Nah, hal tersebut bisa membuat perut mules seperti ingin ke kamar mandi. Oleh karena itu, lebih baik hindari air dingin supaya buka puasa lebih nyaman.

2. Mudah terserang penyakit
Salah satu efek dari minum air dingin ketika buka puasa adalah memproduksi lendir berlebih pada tubuh. Kelebihan lendir ini ternyata mampu menurunkan fungsi sistem pertahanan tubuh sehingga mudah terserang penyakit.

3 Sakit tenggorokan
Minum air dingin bisa menyebabkan sakit tenggorokan memang bukanlah kabar yang mengejutkan. Jika sering melakukan kebiasaan ini, lapisan pelindung saluran pernapasan akan menumpuk, sehingga rentan terhadap infeksi tenggorokan.

4. Nggak menyerap nutrisi untuk tubuh
Pada saat mengonsumsi air dingin, tubuh akan bekerja keras untuk menyeimbangkan suhunya. Nah, karena energinya terlalu banyak dipakai untuk keseimbangan suhu, tenaga yang seharusnya digunakan untuk menyerap nutrisi pun berkurang.

5. Sakit kepala
Sama seperti saat memakan es krim, reaksi tubuh saat menerima air dingin juga dikatakan sebagai brain freeze. Kondisi ini dipengaruhi oleh jaringan saraf tulang belakang. Saraf yang cukup sensitif ini ternyata mengirimkan pesan kepada otak, sehingga menyebabkan sakit kepala.
Meskipun demikian, sakit kepala akibat minum air dingin ini biasanya nggak lama. Kalian akan merasakannya sebentar saja lalu dengan cepat rasa tersebut hilang lagi.
Jadi kesimpulannya, lebih baik untuk menghindari minum air dingin saat buka puasa, mengingat banyaknya efek yang bisa ditimbulkan. Usahakan terlebih dahulu minum air putih yang nggak terlalu dingin, dan bukan berasal dari kulkas atau ditambah es.

Nah, bagaimana? Apakah masih ingin pilih yang segar-segar demi memenuhi hasrat sesaat atau mempertimbangkan air hangat karena efek yang ditimbulkan dari minum air dingin? Semua pilihan ada di tangan Anda.

SOURCE: HAI

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Cheetos Ajak Remaja Indonesia Asah Kreativitas

Cheetos mengajak para remaja usia sekolah mengasah dan membebaskan kreativitas melampaui batas melal...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Lalla suasana santai yang menghidupkan kembali pesta kebun d...

Lalla sebuah karakter fiksi yang namanya dijadikan sebuah resto di Gatot Subroto, Jakarta Selatan ya...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Mott 32 at Marina Bay Sands

Marina Bay Sands, Singapura siap membuka babak baru dengan menghadirkan restoran Cina kontemporer as...

By: Vinny Vindiani

Baca selengkapnya
Loading…