Bandcamp Buka Layanan Bikin Vinyl Untuk Para Band dan Musisi

By Gilang Ramadhan

Published on: 2021/04/22 15:15

Bandcamp telah mengumumkan layanan baru yang memungkinkan para seniman musik meluncurkan kampanye crowdfunding untuk rilis vinyl. Setelah kampanye mencapai tujuan minimum, Bandcamp akan menekan dan mengirimkan rekaman vinyl langsung ke penggemar. Artis akan mempertahankan kontrol penuh atas desain rekaman serta harganya. Layanan itu — yang bertujuan merampingkan ”pembiayaan, produksi, dan pemenuhan rekaman piringan hitam” — akan diluncurkan untuk semua artis dan label akhir tahun ini. Baca pengumuman Bandcamp, dan pelajari lebih lanjut tentang layanan di sini.

 

Kampanye Bandcamp telah berjalan dengan baik dan mengumumkan empat kampanye vinylnya yang pertama: Christian Scott aTunde Adjuah’s Ancestral Recall, Jim Guthrie’s Below (Original Soundtrack), Juliette Jade’s Constellation, dan Mesarthim’s Ghost Condensate.

 

Layanan ini menandai langkah terbaru Bandcamp ke ranah penjualan musik fisik, setelah pembukaan toko rekaman pertamanya di Oakland, California pada bulan Februari. Ini juga merupakan langkah bisnis yang cerdas: sementara streaming mungkin telah mematikan CD, tetapi Bandcamp malah memperkuat pertumbuhan vinyl. Menurut RIAA, penikmat vinyl mendapatkan kenaikan 7,2 persen menjadi 16,7 juta unit pada 2018, menghasilkan lebih dari $ 419 juta dalam pendapatan. Itu adalah musik di telinga artis indie yang berjuang dengan pembayaran royalti streaming di bawah normal. Plus, tidak ada yang berteriak keren seperti vinyl edisi terbatas.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Kenapa 30 Maret Hari Perfilman Nasional

69 tahun lalu sutradara Indonesia, yaitu Usmar Ismail memproduksi film pertamanya berjudul Darah dan...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Film Terbaru Will Smith Gagal Mendapatkan Keuntungan

Film Terbaru Will Smith Gagal Mendapatkan Keuntungan

By: ali adam malik

Baca selengkapnya

Hodgepodge Superfest 2018, Festival baru dengan musik yang b...

Hodgepodge Superfest 2018 festival baru dengan musik beragam dari Java Festival Production

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…