Lifestyle Fashion
8 Brand Streetwear Lokal dari Indonesia Yang Gak Kalah Dari Luar

By Gilang Ramadhan

Published on: 2021/12/20 20:00

Ketika datang ke streetwear dan skena fashion Asia, fokus cenderung jatuh pada Jepang dan Korea Selatan. Tetapi kepulauan Asia Tenggara yang beragam di Indonesia sedang meningkat, menempa sebuah nama untuk dirinya sendiri sebagai lebih dari sekadar surga pantai dan kopi yang sangat bagus. Untuk mendapatkan wawasan tentang merek-merek baru dan budaya di Indonesia.

Saat ini, Indonesia mulai dilirik oleh pasar internasional khususnya ranah streetwear karena konsumerisme masyarakat Indonesia terhadap streetwear mulai besar dan sangat berpotensi sekali membawa keuntungan bagi brand-brand luar negeri. Hampir seluruh muda-mudi baik di skena musik maupun extreme sport seperti skateboard atau bmx sudah tidak asing lagi dengan yang namanya brand, bahkan cara mereka berpakaian terkadang menirukan sang idola. Dengan tren positif ini saya harap masyarakat atau muda-mudi terus mendukung brand lokal sehingga mereka bisa melaju hingga kancah internasional dan dapat bersaing dengan brand besar internasional lainnya. Satu lagi yang harus kita apresiasi adalah dengan berterima kasih dengan toko offline ataupun online, situs dan bahkan beberapa forum yang memang saling membagikan informasi tentang streetwear, mereka memiliki peran dan andil yang sangat besar bagi perkembangan streetwear di Indonesia.

Berikut 8 brand streetwear dari Indonesia:

Dominate Jakarta 

Dominate Jakarta selalu menarik perhatian dengan koleksi-koleksi mereka. Streetware asal Jakarta ini selalu menawarkan beragam. Mulai dari army-look hijau yang sudah akrab di mata, sampai nuansa oranye dan biru yang identik dengan warna seragam angkatan udara. Koleksinya pun ada berbagai macam pilihan. Mulai dari jaket MA-1 yang klasik tapi didesain dengan eksentrik, sampai Noragi dan Cagoule Hooded Jacket.

 

 
 
 
View this post on Instagram

Dominate x @orbitgear V.01 Three pocket shell jacket in Black. #dominate #dominatebrigade #orbitgear

A post shared by DOMINATE™ (@dominatejakarta) on

Typography-nya pun macam-macam. Jadi salah satu yang menarik di koleksi kali ini. Selain jaket ada juga beberapa item lain mulai dari graphic tees, celana panjang, sampai jaket Parka. Semua koleksi terbaru Dominate Jakarta sudah tersedia di Urban Outfitters (www.urbanoutfitters.com). Bisa juga sih kalau kalian mau cek Instagram mereka di @dominatejakarta untuk informasi harga dan penjualan. 

Deva States

Didirikan di Indonesia pada bulan Desember 2015, Devá States adalah rangsangan visual yang menstimulasi yang diterjemahkan menjadi grafis, warna, dan tekstur pakaian jadi. Mereka saat ini berada di Dover Street Market (London, New York, LA, Singapura), IT (Hong Kong), Estnation (Jepang), Orbis dan Footurama (Indonesia), untuk beberapa nama store.

 
 
 
View this post on Instagram

Anima Mundi — from Devá F/W 2018 “Incorporeal Essence”. Available in stores and online.

A post shared by DEVÁ STATES (@deva_states) on

 

Mass Media Murder

Mass Media Murder berfokus untuk membawa imajinasi ke kehidupan. Merek ini membawa desain yang keras kepala ke dalam bentuk garis pakaian, dengan grafik yang disajikan dibuat sedemikian rupa untuk memberikan nuansa anarkisme, cyberpunk, dan dark techno di mana merek tersebut menarik pengaruh. Sepanjang perjalanan mereka, mereka sudah melakukan beberapa kolaborasi dengan merek dan artis yang menyerupai, seperti Undanganonly dan Psy Booty Call.

 
 
 
View this post on Instagram

????

A post shared by Mass Media Murder (@massmediamurder) on

Pleasures

Berbasis di kota yang sangat panas Jakarta, Pleasure adalah gagasan dari tujuh teman yang ingin menciptakan sebuah medium untuk kecintaan mereka pada sesuatu yang hebat dengan cara yang menyenangkan. Mereka memulai dengan lantai dansa, di mana mereka mendapatkan pengikut besar untuk apa pun yang mereka lakukan - kebijakan musik, yang dengan cepat diterjemahkan ke t-shirt edisi terbatas yang dirancang untuk menemani malam-malam screamer mereka. Kesenangan kolektif mewujudkan kelonggaran dari apa yang baik di sekitar.

 
 
 
View this post on Instagram

Full collection made in the USA. Artwork by @brvinfreeze. @bodega by PLEASURES available now! #pleasuresnow #pleasures

A post shared by PLEASURES (@pleasures) on

 

Pure Jakarta

Pure Jakarta brand yang sangat jarang mengeluarkan produk tetapi mereka membatasi apa yang konsumen inginkan jadi kalian harus pantau terus nih di social media mereka untuk mendapatkan edisi yang akan Pure Jakarta keluarkan.

 
 
 
View this post on Instagram

Pure L/d.frvrmore.c7 Frvrmore tee in hitam Size chart: S-XL For more details: [email protected] (Line): pure.jakarta (Wa): +6283873948764 #pure #laydown

A post shared by pure. (@pure.jakarta) on

 

Sometimes

Sama dengan Pleasures dan Dominate brand lokal ini juga menjadi fenomeal di skena streetwear. Sometimes memang tidak asing dikalangan sebagian besar anak muda di Indonesia. Sometimes mengusung tema fashion yang terinspirasi dari grunge and hippie culture di tahun 90-an. Kamu gambar-gambar yang psychedelic di kaos-kaosnya. Nggak cuma kaos, Sometimes juga punya hoodie, jaket, topi, dengan motif yang anak muda banget.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Dream Weapon tees are available for purchase via @orbis_store btw! They have few pieces left. Or you can just reach us by DM's / email. And soon on @gaharu.store for yall Australian friendss. Cheers! X

A post shared by SOMETIMES® (@sometimes_fc) on

Failure

Failure mengusung tema fashion yang sangat dark pada desain mereka tetapi tetap asik untuk kita pakai. Tidak hanya t-shirt yang mereka jual mungkin melihat topi yang juga sangat trend untuk saat ini mereka membuat Fiaso outdoor hat dengan penutup mulut jadi hanya mata kita yang terlihat dan lumayan banget nih menghindari debu polusi yang berbahaya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Fiasco 3

A post shared by F A / L U R E (@failurefailure0) on

Prayer Request

Permintaan doa yang kalian minta akan segera dikabulkan dengan memakai brand lokal ini dengan tema desain yang asik dan dijamin kalo pakai brand ini bakal 100% Purist.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

????????Drop 2 available now in-store @footurama and @707store and online. Link in bio.???????? . ????????????????????????

A post shared by Prayer Request (@prayerrrequest) on

 

Jika masih ada tambahan brand streetwear lokal yang ingin kalian tambah dan HangOut Indo review silahkan isi kolom komen di bawah ini!

Foto: dari akun Instagram dari masing-masing brand streetwear

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

5 Tips Bagi Pengendara Sepeda Motor Untuk Memilih Boots yang...

Sepatu boots telah menjadi alas kaki yang populer bagi pengendara sepeda motor karena bisa memberi p...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Pilihan Berwisata Dari Rumah

Untuk sementara waktu kita masih bisa menikmati dan merasakan jalan-jalan dengan cara lain. Sisi pos...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

NOAH Rilis Koleksi Merch untuk Membantu Bencana Kebakaran di...

Keuntungan penjualan akan disumbangkan pada WIRES, organisasi penyelamat satwa terbesar di Australia...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…