5 Tips Untuk Kurangi Penggunaan Plastik di Hari Lebaran

By Vinny Vindiani

Published on: 2019/05/27 16:52

5 Tips Untuk Kurangi Penggunaan Plastik di Hari Lebaran

Getting closer to Eid al-Fitr, cari tahu beberapa tips Hangoutindo untuk mengurangi penggunaan plastik di perayaan Lebaran. Ingat, semuanya dimulai dari kamu. (sumber foto: archanaskitchen.com)

 Ramadan_Eid_Ul_Fitr_Feast_Menu_Party_Recipe-1

Perayaan Lebaran semakin dekat, semangatpun semakin meningkat. Selain merayakan hari kemenangan dan mengeratkan silaturahmi dengan orang-orang terkasih, kesempatan ini bisa kamu jadikan bagian dari usahamu menerapkan less-plastic movement dan menyebarkan inspirasi ini pada keluarga, kerabat dan tamu-tamu kesayanganmu.

Eco-living memang tidak semudah kelihatannya, butuh usaha dan keinginan kuat untuk mengubah kebiasaan sehari-hari kita. Dari hal yang paling kecil dan sederhana hingga hal-hal yang bisa memberi perubahan signifikan, seperti apa yang bisa kamu lakukan saat merayakan Lebaran tahun ini dan tahun-tahun kedepannya.

Yuk ikuti tips mengurangi penggunaan plastik di hari Lebaran:

 tift-apartment-2-1100x733

(sumber foto: trashisfortossers.com)

1. Menggunakan alat makan dan minum yang bisa digunakan kembali

Selain mengurangi penggunaan gelas/piring plastik/Styrofoam yang hanya bisa sekali dipakai, ada baiknya kamu berinvestasi dengan memiliki piring, gelas, sendok dan garpu berbahan stainless, kayu atau bahan-bahan lain yang mudah dicuci dan digunakan lagi.

2. Say no to straw

Ada sensasi tersendiri yang dirasakan saat menikmati minuman dingin dengan sedotan, tapi bukan berarti kamu tidak bisa minum tanpa menggunakannya. Berusaha meninggalkan kebiasaan menggunakan sedotan bisa dimulai dengan penggunaan metal/stainless steel straw atau yang lebih tahan lama dan mudah dibersihkan dan digunakan kembali. Sejumlah pilihan bahan straw juga bisa kamu ketahui dan pertimbangkan dampaknya untuk lingkungan.

3. Sedia shopping bag

Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk merayakan Lebaran dengan orang-orang tercinta. Menyediakan menu-menu lezat tentu jadi hal yang utama. Momen berbelanja untuk menu Lebaran juga akan lebih eco-friendly jika kamu sudah menyiapkan shopping bag sendiri, atau memilih box karton dibandingkan plastik jinjing saat membawa belanjaanmu.

 il_794xN.1528355603_ol5m

(sumber foto: etsy.com)

4.  Bring Your Own

Jika kali ini giliran kamu yang berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat terdekatmu, jangan ragu membawa wadah makan dan minum milikmu sendiri. Tidak semua orang sudah beralih ke gaya hidup yang lebih eco-friendly, dan bukan hakmu for judging them. Lebih baik lakukan apa yang kamu bisa secara personal, dan memilih membawa peralatan makan-minummu bisa jadi cara yang paling sederhana.

5. For the Leftover

Ragam menu makanan khas Lebaran siap disantap sepanjang hari, bahkan tidak jarang menu-menu terlalu berlimpah dan banyak tersisa untuk dibagikan. Dibanding menggunakan plastik/wadah Styrofoam, menggunakan wadah makanan dari kaca atau bahan lainnya bisa dijadikan andalan. Jika dirasa sulit untuk proses serah terima kemasan, penggunaan box kertas/karton biodegradable bisa jadi pilihan yang lebih baik.

 

 

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Peringati Awal Kelahiran Vans, Vans Luncurkan Mismatch Era

Sepatu pertama di dunia yang dirancang oleh para pemain skaterboard pada 1976 dan diperkenalkan deng...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Lelang Baju Menjadi Acara Tahunan HuntStreet.com #Hunt2Save ...

Setiap detiknya, satu truk sampah dengan muatan 265 kg pakaian berakhir di tempat pembuangan.

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

OPPO Resmi Luncurkan R17 Pro, Yuk Simak Harga dan Spesifikas...

Ponsel pintar dengan kemampuan foto malam hari dan pengisian baterai super cepat serta, ponsel pinta...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…