5 Makanan ini yang Bisa Meningkatkan Sistem Imun

By Gilang Ramadhan

Published on: 2020/01/30 11:17

makanan imun tubuh

Virus corona bikin banyak orang cemas. Novel coronavirus (2019-nCoV) telah menyebar dengan masif ke berbagai negara. Tercatat, sudah ada 10 negara yang melaporkan kasus terkait virus corona, di antaranya adalah Jepang, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, Singapura, AS, Australia, Prancis, Malaysia, dan Nepal.

Anung Sugihantono, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan menegaskan, virus corona tidak menyebar lewat barang-barang yang dijual dari China. Hingga saat ini penyebaran novel coronavirus diduga hanya menular lewat udara atau kontak langsung dengan penderita. Penularannya bisa lewat batuk, bersin, air, atau aktivitas lainnya.

Ia juga menyarankan agar masyarakat senantiasa menjaga daya tahan tubuh. Karena menurutnya, kondisi tubuh yang baik bisa mencegah tubuh dari penularan virus ini.

Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah dengan meningkatkan sistem imun. Sistem imun adalah sekelompok sel, jaringan, protein, dan organ khusus yang saling bekerja untuk melawan segala sesuatu yang berbahaya bagi tubuh.

Sistem imun bisa ditingkatkan dengan pola makan yang lebih sehat. Berikut ini adalah 5 makanan yang bisa meningkatkan sistem imun:

stroberi 16887783851. Stroberi
Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, stroberi dapat membantu mengobati peradangan yang disebabkan oleh virus dan bakteri tertentu.

Stroberi juga dikemas dengan sejumlah antioksidan yang efektif untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Senyawa alami tersebut akan mendorong produktivitas sistem imun, dan bertindak sebagai benteng pelindung dari efek buruk radikal bebas dan virus pemicu penyakit.

belimbingg2. Belimbing
Satu buah belimbing utuh dapat memenuhi 50 persen vitamin C harian. Vitamin tersebut sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan, sehingga dapat mencegah risiko penyakit akibat virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Selain itu, vitamin C juga sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit.

kacang panjang 010495800_1576552017-Kacang-Panjang-shutterstock_4723404343. Kacang panjang
Kacang panjang juga kaya antioksidan; seperti beta-karoten, vitamin C, dan riboflavin. Ketiga kandungan tersebut bermanfaat dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh, karena mampu menangkal serangan radikal bebas di udara.

Sedangkan tiaminnya, juga berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan yang juga membantu penyerapan nutrisi agar lebih baik.

pomelo A796-photo-final-24. Pomelo
Setiap buah pomelo mengandung sekitar 600 persen dari kebutuhan vitamin C harian kita. Menurut United States Department of Agriculture, sumber vitamin C yang ada di dalam pomelo sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat di Asia Tenggara sebagai penguat sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C di dalamnya berperan sebagai antioksidan yang menjadi pelindung tubuh dari virus, penyakit, maupun radikal bebas. Nah, tak ada salahnya menikmati sebuah pomelo setiap hari guna menjaga tubuh dari flu, batuk, demam, maupun gejala penyakit lainnya.

paprika ef848438-4a05-4e89-9089-efd2d44ea8ff5. Paprika
Dengan dosis mencapai 80 mg dalam setiap 100 gram paprika, konsumsi paprika secara rutin dapat membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit.

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Dapur Panglima Promo Spesial Valentine

Dengan promo Berbagi Cinta ini, setiap pembelian sebanyak 50 nasi box akan mendapatkan voucher 100 r...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Fedwell Restaurant, Warteg sehat di kawasan Senopati

Healthy food di kawasan Senopati

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

Jakarta Culinary Feastival 2019 Resmi Dibuka

Jakarta Culinary Feastival (JCF) 2019 resmi dimulai kemarin 3 Oktober 2019 dan akan berlangsung hing...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…