5 Makanan Imlek yang Bawa Keberuntungan di Tahun Tikus Logam 2020

By Gilang Ramadhan

Published on: 2020/01/23 17:10

imlek 2020

Berbicara Imlek, penyelenggaraannya tak pernah lepas dari sederet tradisi tertentu, tak terkecuali di pergantian tahun Tikus Logam 2020. Macam-macam kebiasaan yang dilakukan kebanyakan bermaksud mendatangkan keberuntungan.

Mulai dari menyalakan semua lampu di rumah, membuka setiap jendela, hingga soal makanan, semua tak lepas dari upaya mendatangkan hoki. Dilansir dari laman The Chinese Zodiac, 21 Januari 2020, berikut sederet kuliner Imlek yang datangkan keberuntungan untuk disajikan di malam pergantian tahun Tikus Logam 2020.

imlek 1 mieMie
Memakan mie di momen tahun baru diidentikan dengan doa panjang umur. Kendati, dalam kepercayaannya, mi yang disajikan tak boleh dalam potongan kecil maupun pendek, melainkan panjang sebagai maksud mendatangkan umur panjang.

imlek 2 pork-prawn-jiaoziJiaoZi
Makanan semacam dumpling ini diasosiasikan sebagai simbol kesehatan dan umur panjang saat disajikan di malam tahun baru Tikus Logam 2020. Kebanyakan sajian ini berbentuk lonjong, sama seperti uang lama Jepang.

imlek 3 Baki Kebersamaan
Baki ini umumnya terdiri dari delapan macam makanan kecil, seperti kacang pecan, hazelnut, chestnut, almond. biji persik, buah prune, aprikot, kacang-kacangan, dan ingot kecil. Semuanya merupakan simbol kemakmuran. Sajian ini biasanya dihidangkan untuk tamu atau dikirimkan pada kerabat maupun keluarga di momen Imlek. Beberapa di antaranya ada yang mengganti dengan jeruk untuk mendatangkan kesehatan dan kesuburan lewat buah delima.

imlek 4 ikan_imlekIkan
Ikan disimbolkan sebagai pembawa kesehatan dan keberuntungan. Kepercayaannya, yakni semua masalah sulit bisa terselesaikan selancar ikan berenang di air.

imlek 5 sup sarang burungSup Sarang Burung
Makanan ini merupakan simbol umur panjang dan kelimpahan rezeki. Karenanya, sajian ini dinilai sangat baik disajikan saat malam tahun baru.

imlek 6 nian gaoNian Gao
Makanan ringan yang terbuat dari nasi ini dimaksudkan untuk mendatangkan rezeki melimpah. Makanan yang biasanya didominasi cita rasa manis ini disebut merupakan bagian tradisi masyarakat Tionghoa selama 3.000 tahun.

Foto: Goolge Images

Bagikan Artikel
Artikel Terkait

Makanan Yang Cocok Untuk Valentine Selain Cokelat

Makanan Yang Cocok Untuk Valentine Selain Cokelat

By: ali adam malik

Baca selengkapnya

Burger Plan Jakarta

Burger merupakan salah satu makanan praktis favorit banyak orang. Meski bukan makanan asli Indonesia...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya

GRILL'D Akan membuka Restoran Internasional Pertama di Bali

Grill’d membawa menu mereka yang akrab, yang meliputi pilihan ayam, daging sapi dan nabati, sement...

By: Gilang Ramadhan

Baca selengkapnya
Loading…